Langsung ke konten utama

Riset Spesifik Dua Market Leader di Industri Oli Pelumas

Riset Spesifik Market Size Industri Oli Pelumas (Tren Penjualan Dua Market Leader) new version ini dirilis akhir Juli 2017 menampilkan data riset, tren pasar, pertumbuhan volume pasar (market size), nilai pasar (market value), pangsa pasar (market share), dan potensi pasar industri oli pelumas secara umum (overall market). Disajikan dalam tabel, grafis, dan tabulasi data yang menarik, riset spesifik ini diharapkan menjadi acuan pertumbuhan bisnis pemain oli pelumas serta stakeholders terkait lainnya.

Riset Spesifik Market Size Industri Oli Pelumas (Tren Penjualan Dua Market Leader) ini dimulai dengan menampilkan highlight makro ekonomi Indonesia, meliputi pertumbuhan ekonomi (PDB) 2015-2017F per kuartal, tren inflasi, nilai tukar rupiah, ICP, lifting minyak, dan lifting gas (halaman 2). Disusul grafis menarik berisi komparasi pertumbuhan daerah per pulau di Indonesia dengan tingkat kemiskinan di daerah pada 2016 (halaman 3).

Berlanjut ke halaman 4, ditampilkan highlight tren ekonomi dan perdagangan global, baik di negara maju maupun di negara berkembang, dan tren harga komoditas. Pada halaman 5, dijabarkan target ekonomi makro 2018, termasuk konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah, investasi, hingga sisi produksi  yakni industri pengolahan, konstruksi, perdagangan, jasa keuangan, pertanian, transportasi, pertambangan, dan lainnya.

Selanjutnya, dipaparkan katalis pertumbuhan per sektor, mulai dari pertanian, pertambangan, industri, listri, konstruksi, perdagangan, informasi dan komunikasi, serta jasa keuangan (halaman 6-7). Target pertumbuhan ekonomi per wilayah disajikan dalam bentuk grafis menarik, lengkap dengan tingkat kemiskinan serta tingkat pengagguran terbuka pada 2018 (halaman 8).

Disambung tren peningkatan penghasilan per kapita (PDB per kapita) masyarakat Indonesia periode 2008-2019E pada halaman 9. Juga data jumlah populasi per provinsi, tingkat kerapatan (density) populasi per provinsi, serta jumlah rumah tangga per provinsi pada halaman 10.

Masuk ke pembahasan lebih detail, dijabarkan highlights industri oli pelumas sejak 2001 hingga saat ini pada halaman 11-14. Sejak tahun 2001, pasar oli pelumas di Indonesia mulai terbuka dengan dikeluarkannya regulasi Peraturan Presiden RI No 21/2001.

Tim Duniaindustri.com membuat riset spesifik tentang tren market size dan tren market value dari industri oli pelumas di Indonesia periode 2014-2017 dalam bentuk baru (new version) dengan pendekatan baru yang lebih komprehensif, dan diharapkan menjadi penyempurna riset sebelumnya. Dengan pendekatan baru yang lebih komprehensif, tren market size dan market value dalam menggambarkan detail naik/turun perkembangan industri dari sisi volume penjualan maupun nilai penjualan. Hal itu dijabarkan pada halaman 15-16, yang disertai dengan analisis pada halaman 17.

Kemudian, tren pangsa pasar industri oli pelumas (overall market) tahun 2007, 2011, 2014, 2015, dan 2016 dibuat dengan memperhatikan tren pasar secara keseluruhan (halaman 18-23), beserta analisisnya (halaman 24). Komposisi pengguna oli (segmen industri dan segmen otomotif) ditampilkan dalam tabel dengan periode yang agak panjang 2011-2016 pada halaman 25, diperkuat dengan segmentasi oli otomotif roda empat (mobil) dan oli otomotif roda dua (motor) pada halaman 27.

Berlanjut ke pembahasan selanjutnya, tim duniaindustri.com membuat riset market intelligence terhadap tren penjualan, produksi, dan kinerja keuangan dua market leader di industri oli pelumas di Indonesia (halaman 27-35). Dalam pembahasan ini, tim duniaindustri.com mengupas market leader industri oli pelumas dari rekam jejak nilai penjualan dan pertumbuhannya, laba bersih, kapasitas terpasang, volume produksi, utilisasi pabrik, volume penjualan, serta pangsa pasarnya. Riset market intelligence ini dilengkapi dengan sumber yang valid sehingga dapat memberikan gambaran secara luas dari rentang periode 2014-2017F. Selain itu, riset market intelligence ini dilengkapi dengan profil fasilitas produksi dan jalur distribusi, sehingga memperkaya informasi secara komprehensif, serta dapat menjadi acuan dalam strategi competitor intelligence.

Masuk ke halaman 36-44, tim duniaindustri.com membuat pembahasan eksklusif tentang riset tren pasar oli pelumas mobil per provinsi 2015-2017F dengan metode kuantitatif dengan model regresi kausalitas linier. Model pendekatan ini diambil karena memiliki basis data yang kuat, yakni penjualan dan populasi mobil per provinsi di Indonesia, dikomparasi dengan data-data penunjang lainnya sehingga menampilkan data yang akurat. Pada halaman 10, disajikan tren volume pasar oli mobil per provinsi (34 provinsi) periode 2015-2017F dalam satuan liter.

Sebagai acuan perhitungan, pada halaman 38, ditampilkan data tren penjualan mobil 2016 dan populasi mobil hingga 2015 per provinsi untuk mengukur total pasar oli mobil di Indonesia per provinsi. Top 10 provinsi dengan pasar oli mobil terbesar berdasarkan volume disajikan pada halaman 12.

Pada halaman 39, ditampilan perbandingan antara volume pasar dan nilai pasar (market size) industri oli pelumas mobil per provinsi pada 2016. Top 10 pasar oli mobil berdasarkan nilai disajikan pada halaman 14.

Data-data penunjang riset eksklusif di atas disajikan pada halaman 36-37, antara lain sebaran komposisi penjualan mobil per provinsi, tren penjualan mobil per unit periode 2005-2019F, serta tren populasi mobil (jumlah kendaraan beroperasi) periode 2006-2016.

Riset Spesifik Market Size Industri Oli Pelumas (Tren Penjualan Dua Market Leader) new version sebanyak 45 halaman ini berasal dari riset eksklusif duniaindustri.com, didukung data penunjang dari Kementerian Perindustrian, BPS, WHO dan Bank Dunia, Kementerian ESDM, asosiasi industri dan sejumlah perusahaan oli pelumas di Indonesia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada duniaindustri.com.(*)

Sumber: klik di sini
* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 139 database, klik di sini
** Butuh 17 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
*** Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
**** Butuh copywriter specialist, klik di sini
***** Butuh content provider, klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh