Langsung ke konten utama

Riset Pasar Handphone, Komputer, dan Elektronik Home Appliance di Indonesia

Seiring makin pesatnya industri teknologi informasi (IT), industri pendukungnya pun terus berkembang, terutama untuk produk smartphone (ponsel) dan komputer. Dengan target pasar 250 juta jiwa penduduk Indonesia, saat ini pengguna smartphone ditaksir 132 juta jiwa atau setara dengan pengguna internet di negeri ini.

Karena itu, tidak salah jika duniaindustri.com membuat Riset Pasar Ponsel, Komputer, dan Elektronik Home Appliance (Tren Market Size dan Pangsa Pasar). Penasaran isinya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Konten detail per halaman, sebagai berikut:
1. Sampul depan
2. Highlight makro ekonomi Indonesia, meliputi pertumbuhan PDB 2014-2019 (forecast), dikomprasi dengan negara Jepang, China, India, Korea Selatan, ASEAN, serta tren inflasi di Indonesia periode 2000-2015.
3. Highlight pasar Indonesia dengan total penduduk 252,8 juta jiwa, perekonomian ke 16 terbesar di dunia, 45 juta jiwa kelas konsumen (consuming class) saat ini dan proyeksi 2030: perekonomian terbesar ke-7 di dunia, 135 juta jiwa kelas konsumen.
4. Tabel tren pertumbuhan pasar komputer periode 2005-2015 disertai persentase pertumbuhan per tahun.
5. Pangsa pasar komputer dilihat dari 5 merek merek terbesar secara global periode 2014-2015.
6. Tabel Tren Pertumbuhan pasar ponsel (selular phone) periode 2005-2015 serta persentase pertumbuhan per tahun.
7. Pangsa pasar 5 merek HP secara global dilihat dari volume pengiriman 2014-2015.
8. Tabel pertumbuhan nilai pasar elektronik home appliances periode tahun 2005-2015 dan pertumbuhan per tahun dengan kategori elektronik konsumsi: televisi, VCD, video camera, audio, elektronik game, mesin cuci, kulkas, AC, rice cooker, microwave, kipas angin, magic jar, pompa air, lampu listrik.
9. Analisis tren pertumbuhan pasar elektronik home appliances
10. Total nilai pasar komputer, HP, dan elektronik home appliance periode 2005-2015 serta persentase pertumbuhan per tahun.
11. Volume pasar elektronik home appliance 2015, meliputi televisi, VCD, video camera, audio, elektronik game, mesin cuci, kulkas, AC, rice cooker, microwave, kipas angin, magic jar, pompa air, lampu listrik.
12. Tabel (pie chart) komposisi kategori home appliances terhadap total pasar 2015.
13. Tabel (pie chart) pangsa pasar televisi (LCD & LED) per merek 2015.
14. Tabel tren investasi dan ekspor elektronik home appliances 2007, 2010, 2015, 2020, 2025.
15. Tabel target produksi dan serapan tenaga kerja 2007, 2010, 2015, 2020, 2025.
16. Infografis prioritas pengembangan industri elektronik 2010, 2015, 2020, 2025.
17. Tabel strategi pengembangan industri elektronik 2010, 2015, 2020, 2025.
18. Tabel tantangan dan kekuatan industri elektronik Indonesia dengan analisis SWOT, serta peta kondisi saat ini (nilai investasi, nilai produksi, nilai ekspor, tenaga kerja, utilisasi).
19. Pointers perilaku konsumen elektronik home appliances.
20. Tabel dan pointers strategi pengembangan industri elektronik periode 2010, 2015, 2020, dan 2025.
21. Tabel Neraca perdagangan produk elektronik di negara-negara ASEAN (Brunei, Cambodia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dibanding dunia.
22. Tabel porsi tujuan perdagangan produk elektronik negara-negara ASEAN (ekspor-impor) dari negara Brunei, Cambodia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam.
23. Tabel peringkat eksportir elektronik di ASEAN, nama negara, nilai, pertumbuhan dalam lima tahun, peringkat global.
24. Tabel komponen elektronik yang paling banyak diekspor di negara ASEAN, mencakup nama komponen elektronik, nilai, dan pertumbuhan 3 tahun terakhir.
25. Grafis peringkat trade performace produk industri negara-negara ASEAN vs Indonesia, mencakup peringkat indeks, fresh food, processed food, wood products, textiles, chemicals, leather products, basic manufactures, non-electronic machinery, IT & consumer electronics, electronics componen, transport equipment, clothing, miscellaneous manufacturing, minerals.
26. Grafis keunggulan negara-negara ASEAN per produk.
27. grafis pertumbuhan industri elektronik per kawasan negara (Asia, Eropa, Amerika, Australia & Selandia Baru, dunia) periode 2013-2015.
28. Tabel tren nilai pasar elektronik home appliances global tahun 2005-2015 (market size dan pertumbuhan)
29. Info grafis market value home appliances per kawasan (Eropa, Amerika, Australia New Zealand Japan, Afrika dan Timur Tengah, Amerika Latin, Asia), berdasarkan populasi, rata-rata per orang per rumah tangga, estimasi pertumbuhan PDB 2015.
30. Tabel top 10 pangsa pasar home appliances global per merek 2013.
31. Tabel top 5 merek home appliances global berdasarkan negara, nilai penjualan, persentase pertumbuhan.
32. Sampul belakang.(*)

Sumber: klik di sini
* Butuh riset pasar dan data industri lainnya, total ada 131 database, klik di sini
** Butuh data spesifik atau market intelligence, klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh