Langsung ke konten utama

Membedah Persaingan Merk Motor Per Provinsi

Industri motor saat ini menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan perekonomian Indonesia dan tulang punggung utama transportasi masyarakat. Selain dalam hal pendapatan, nilai tambah sepeda motor bagi masyarakat juga membuat industri ini memberikan peran penting bagi pemerintahan.

Apalagi industri ini menduduki di peringkat ketiga di dunia, sesudah China dan India. Pada 2016, jumlah unit sepeda motor yang terjual 6,21 juta unit. Angka ini ditaksir memberikan pemasukan omzet untuk industri mencapai Rp 90 triliun. Selain itu, akan ada pemasukan melalui pajak kepada Pemerintah sebesar Rp 27 triliun, baik dari pajak industri maupun bea masuk komponen sepeda motor yang masih didatangkan melalui impor. 

Selain menyasar pasar domestik, industri sepeda motor juga terus menggenjot ekspor. Total pertumbuhan ekspor sepeda motor dari 2014 hingga September 2016 mencapai 800%. Angka ini cukup baik untuk memperkuat pasar sepeda motor Indonesia di luar negeri. Pemerintah mencanangkan adanya pertumbuhan ekspor sepeda motor hingga 300% dari 2015-2019.

Untuk mendukung pertumbuhan industri sepeda motor dan sektor terkait lainnya, duniaindustri.com memiliki database terbaru yakni Riset Peta Persaingan Merek Motor Per Provinsi (Tren Penjualan Per Tipe Motor). Riset Peta Persaingan Merek Motor Per Provinsi (Tren Penjualan Per Tipe Motor) yang dirilis Januari 2017 ini menampilkan proyeksi, data, riset pasar, tren pasar, serta peta persaingan brand sepeda motor per provinsi di Indonesia. Riset pasar ini dibuat sebagai acuan strategi pemasaran bagi industriawan yang terkait dengan motor dan komponennya, terutama untuk mengukur tren pasar dan pangsa pasar.

Berikut penjelasan detail isi per halaman:

1. Sampul
2. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada bulan Desember 2016
3. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada November 2016
4. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada Oktober 2016
5. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada September 2016
6. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada Agustus 2016
7. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada Juli 2016
8. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada Juni 2016
9. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada Mei 2016
10. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada April 2016
11. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada Maret 2016
12. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada Februari 2016
13. Penjualan motor per provinsi per merek motor pada Januari 2016
14. Tren distribusi penjualan motor per merek, per tipe (underbone, scooter, sport), per bulan sepanjang 2016
15. Pangsa pasar motor sepanjang 2016
16. Chart tren bulanan penjualan motor per tipe sepanjang 2016
17. Chart komposisi (persentase) penjualan motor per tipe sepanjang 2016
18. Analisis tren penjualan motor 2016
19. Analisis tren penjualan motor 2016
20. Proyeksi tren penjualan motor 2017-2018
21. Proyeksi tren penjualan motor 2017-2018
21. Bahan riset proyeksi penjualan motor di lima provinsi utama, khususnya untuk sebaran alokasi dana daerah 2017
22. Sebaran alokasi dana tranfer umum ke daerah
23. Perbandingan pendapatan dan belanja daerah 2017
24-25. Komparasi pertumbuhan ekonomi daerah 2016 dengan sektor pendorongnya
26. Tren pertumbuhan ekonomi Indonesia 2015-2017 lengkap dengan 7 indikator utama, seperti inflasi, nilai tukar rupiah, ICP, lifting minyak, serta lifting gas
27. Tren peningkatan penghasilan dalam PDB periode 2008-2019
28. Tren pasar otomotif (baik motor maupun mobil) ditampilkan dalam grafis yang menarik dan rentang waktu yang cukup panjang yakni 2005-2019F
29. Komparasi pangsa pasar motor semester I 2015 dan semester I 2016
30. Data jumlah populasi motor dan mobil dengan rekam jejak periode 2006-2016, dilengkapi dengan tren pertumbuhan rata-rata serta tingkat penetrasi pasar dan klasifikasi konsumen dilihat dari tingkat pendapatannya
31. Bagan komponen motor
32. Chart penetrasi motor di Indonesia dibanding 20 negara di dunia
33. Komposisi tipe penjualan motor pada 2015, dilihat tren per bulan 2015
34. Analisis penjualan di lima pasar utama pada 2015
35. Chart tren penjualan di tiap provinsi periode 2015
36. Chart top 10 provinsi dengan penjualan motor terbesar pada 2015
37-38. Komposisi distribusi penjualan motor di 6 Pulau di Indonesia pada 2015
39. Chart top 10 provinsi dengan penjualan motor terbanyak pada 2012, 2013, dan 2014
40. Chart pangsa pasar merek motor per daerah sepanjang 2014
41. distribusi penjualan motor merek Honda per brand, per cc, per engine tipe, per tipe, per bulan sepanjang 2015
42. distribusi penjualan motor merek Yamaha, per brand, per cc, per engine tipe, per tipe, per bulan sepanjang 2015
43. distribusi penjualan motor merek Suzuki, per brand, per cc, per engine tipe, per tipe, per bulan sepanjang 2015
44. distribusi penjualan motor merek Kawasaki per brand, per cc, per engine tipe, per tipe, per bulan sepanjang 2015
45. distribusi penjualan motor merek TVS per brand, per cc, per engine tipe, per tipe, per bulan sepanjang 2015
46. Distribusi penjualan motor di pasar domestik per cc, per tipe, per brand sepanjang 2015
47. Grand strategy pengembangan industri otomotif di Indonesia
48-49. Daftar insentif untuk investasi di industri otomotif
50. Payung hukum dan regulasi di industri otomotif dan transportasi
51. sampul penutup

Sumber: klik di sini
* Butuh riset pasar atau data industri lainnya, total 130 database, klik di sini
** Butuh market intelligence, klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database Terbaru, 14 Market Outlook Industri Farmasi dan Alkes

Duniaindustri.com (September 2021)  -- Pandemi Covid-19 telah mengubah siklus pertumbuhan bisnis di hampir seluruh sektor industri. Tidak terkecuali sektor industri farmasi, yang menikmati high demand untuk sejumlah produk seperti masker kesehatan, alat pelindung diri (APD). Tapi bagaimana dengan produk farmasi lainnya? Guna melihat seluk beluk industri farmasi, termasuk tren pertumbuhan, pangsa pasar, serta market inteligence,  duniaindustri.com  memiliki sedikitnya 14  data dan riset khusus di industri farmasi  Indonesia dari berbagai rentang waktu. Simak ulasannya berikut ini. 1) Kajian Peluang Pertumbuhan Channel Distribusi Produk Farmasi dan Alat Kesehatan 2019-2024 (Momentum Saat Pandemi Melandai) 2) Riset Data Pertumbuhan Pasar Vitamin dan Suplemen 2016-2024 (Kompetisi Pasar Brand Vitamin) 3)  Kajian Pertumbuhan Segmen Pasar Farmasi dan Alat Kesehatan 2016-2024 (Strategi Industri Farmasi 2021) " 4 ) Market Demand Analysis Obat Generik 2016-2027 (Ka...

Mengukur Pertumbuhan Pasar Vitamin dan Suplemen, High Demand?

  Duniaindustri.com (September 2021)  -- Seiring tingginya kebutuhan dan permintaan pasar, tidak salah jika produk vitamin dan suplemen dikategorikan high demand. Tapi, apakah trend ini akan bertahan lama? Untuk menelisik pertumbuhan pasar vitamin dan suplemen, tim Duniaindustri.com membuat " Riset Data Pertumbuhan Pasar Vitamin dan Suplemen 2016-2024 (Kompetisi Pasar Brand Vitamin) " yang dirilis minggu pertama September 2021, menampilkan riset independen, riset data spesifik, data komprehensif, dan market outlook. Riset data ini berisi 56 halaman pdf berukuran 6,89 MB yang dibuat untuk menjadi panduan komprehensif serta referensi bagi investor, korporasi, peneliti, dan berbagai stakeholders secara luas. Riset data ini dimulai dengan menampilkan ulasan singkat (highlights) perekonomian nasional yang terpengaruh dua kejadian besar pada 2019 yakni perang dagang negara maju serta pada 2020 yakni pandemi Covid-19. Ulasan singkat dinamika ekonomi Indonesia dipaparkan secara detai...

Paling Lengkap, 36 Hasil Riset Pasar dan Data Market Share di Industri Makanan Minuman

   Duniaindustri.com (Februari 2025)  -- Mencermati tren pertumbuhan, persaingan brand, dan mencari peluang di industri makanan minuman memang menarik untuk diikuti. Selain karena sektor makanan minuman merupakan kebutuhan primer, pasar Indonesia dengan 281 juta jiwa menawarkan prospek bisnis yang berpotensi di masa mendatang. Satu hal yang pasti, dibutuhkan dukungan data research yang aktual untuk terus secara kontinyu memonitor rantai pasok industri. Tujuannya tidak lain untuk menghasilkan produk sesuai selera pasar yang mampu bersaing. Faktor kualitas produk, harga jual, serta akurasi distribusi stok menjadi kunci utama. Untuk membedah pertumbuhan, pangsa pasar, serta persaingan pasar di industri makanan dan minuman,  duniaindustri.com  memiliki sedikitnya  36 data dan riset khusus  di industri ini. Mari kita simak ulasannya berikut ini: (silakan diklik data research yang dituju untuk keterangan lebih lanjut) Riset Data Spesifik Persaingan 3 Br...