Langsung ke konten utama

Peta Persaingan Pasar Semen di Semester I 2018

Tiga perusahaan semen yang beroperasi di Indonesia, yakni PT Conch Cement Indonesia, PT Holcim Indonesia Tbk, dan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, menerapkan strategi kompetisi yang berbeda pada tahun ini guna memperkuat penetrasi pasar. Conch Cement agresif dalam menggenjot kapasitas produksi, sementara Indocement menaikkan harga jual di daerah tertentu.

Conch Cement, pemain baru semen di Indonesia asal China yang cukup fenomenal, berambisi meningkatkan kapasitas produksi hingga 25 juta ton. Peningkatan kapasitas produksi tersebut ditargetkan bisa dilakukan dengan membangun sejumlah pabrik di beberapa daerah.

Direktur Conch Cement Indonesia, Wang Hai Wing, mengatakan peningkatan kapasitas produksi ini harus dilakukan karena kebutuhan semen di Indonesia masih cukup tinggi. “Jadi memang kelebihan suplai (over supply) ini hanya jangka pendek. Ke depannya, pasar semen (Indonesia) masih ada potensi, masih bisa menyerap. Permintaan pasar itu masih ada, masih cukup besar saat ini,” ungkapnya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta.

Menurut dia, sebenarnya rata-rata konsumsi atau pemakaian semen per orang di Indonesia itu tidak tinggi. “Sehingga kita bilang sampai saat ini belum kelebihan suplai per kapitanya,” kata dia.

Selain pasar Indonesia, Conch yang telah memiliki pabrik semen di Kalimantan Selatan, Papua, serta grinding plant di Merak (Banten) juga telah melakukan ekspor semen ke Filipina dan Papua New Guinea. Namun angka masih kecil, yakni sebesar 10 persen. Itu pun hanya berasal dari satu pabrik di Papua. “Yang diekspor sekitar 10 persen dari satu pabrik di Papua. Kapasitas produksi di Papua 1,2 juta ton per tahun,” tandasnya.

Berbeda dengan Conch, Indocement Tunggal Prakarsa memilih strategi menaikkan harga jual sekitar 1%-3% persen atau sekitar Rp 500 – Rp 1.000 per sak menyusul meningkatnya biaya produksi. “Kami sudah naikkan harga di beberapa tempat, dan setelah Lebaran kemungkinan kita akan naikkan harga kembali,” kata Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Christian Kartawijaya kepada media, beberapa waktu lalu.

Christian menjelaskan, kenaikan harga hanya di beberapa kota Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara untuk Jawa Barat dan DKI Jakarta, tidak terjadi kenaikan harga karena ketatnya persaingan. “Biaya produksi naik 11% di kuartal I 2018 dibandingkan kuartal I 2017,” katanya.

Dia mengatakan, jika pasar masih menyerap kenaikan harga tersebut, maka akan dilanjutkan. Namun jika tidak, perseroan akan bertahan di harga sekarang. Dampaknya, perseoran akan memperkuat penjualan di sekitar pabrik perseroan yakni di Jabodetabek, Cirebon, dan Kota Baru (Kalsel).

Menurut Christian, kenaikan harga terpaksa dilakukan menyusul meningkatnya harga batu bara dan menguatnya dolar Amerika Serikat (AS). Sebagai gambaran, harga bahan bakar mencakup sekitar 40% dari biaya produksi. Selain itu, hampir separuh biaya produksi Indocement menggunakan dolar AS karena sebagian besar bahan baku masih diimpor seperti gipsum dan bahan lainnya.

Rencana Penjualan Unit Bisnis

Sementara itu, induk usaha PT Holcim Indonesia Tbk, yakni LafargeHolcim Ltd, berencana menjual unit bisnisnya di Indonesia. Strategi itu menjadi bagian dari rencana perampingan usaha market leader terbesar industri semen di dunia itu yang memiliki kapasitas global 442 juta ton pada 2015.

Sumber Bloomberg yang mengetahui rencana penjualan unit bisnis di Indonesia itu menyatakan perusahaan bekerjasama dengan Citigroup Inc untuk mencari pembeli potensial. Targetnya, perusahaan bangunan Asia, konglomerat lokal, atau private equity.

Namun, manajemen PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) belum mau memerinci strategi dari induk usahanya. “PT Holcim Indonesia Tbk tidak memberikan komentar atau pernyataan terkait rumor pasar ini kepada media-media yang telah meminta konfirmasi dan mempublikasikan berita itu,” tulis manajemen Holcim Indonesia dalam keterbukaan informasi, Senin (9/7/2018).

Manajemen perseroan juga menyatakan sepenuhnya berkomitmen untuk mematuhi peraturan dan akan memberikan keterbukaan bilamana diperlukan sebagaimana telah dilakukan sebelumnya.(*)

Sumber: klik di sini

* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 158 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider, klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini

Database Riset Data Spesifik Lainnya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database Lengkap Industri Perikanan, Hasil Laut, dan Olahannya

Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dirilis pada minggu pertama Februari 2018 menampilkan data komprehensif, tren perkembangan, infografis menarik , terkait industri perikanan dan hasil laut (rumput laut, ikan surimi, udang, tuna tongkol cakalang, kepiting & rajungan, cumi & gurita). Diperkuat dengan tren produksi, sebaran lokasi, serta nama produsen, data komprehensif ini diharapkan dapat memperkaya database persaingan pasar guna menentukan arah strategi bisnis ke depan. Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2-4). Dengan dukungan jumlah penduduk yang besar, pasar industri perikanan dan hasil laut cukup prospektif dan atraktif baik untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor. Pada halaman 5, ditampilkan tabel tren perkembangan konsumsi

Tren Nilai Pasar Industri Detergent di Indonesia

Nilai pasar (market size) industri deterjen di Indonesia diestimasi tumbuh 3,5% menjadi Rp 10,11 triliun pada 2016 dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 9,77 triliun, menurut riset duniaindustri.com . Momentum perbaikan perekonomian Indonesia dan daya beli konsumen akan menopang pertumbuhan market size industri deterjen tahun ini. Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan market size industri deterjen cukup fluktuatif. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada 2014 sebesar 6% menjadi Rp 9,54 triliun. Namun, perlambatan perekonomian nasional, depresiasi kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, serta kejatuhan harga komoditas dunia ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan industri deterjen pada 2015. Tahun lalu, market size industri deterjen diperkirakan tumbuh melambat menjadi 2,5%. Tiga raksasa consumer goods di Indonesia, yakni Wings Group, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Kao Indonesia, makin ketat bersaing di pasar deterjen di indonesia. Berdasarkan penelusur

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc