Langsung ke konten utama

Market Demand Data Spesifik Makin Meluas, Dari Limbah RS hingga Bumbu Instan

 

Perkembangan inovasi digital seiring pandemi Covid-19 membuka peluang baru untuk menghubungkan antara penyedia layanan data spesifik dan user. Tuntutan perkembangan bisnis yang makin cepat dan dinamis membutuhkan dukungan data spesifik bagi korporasi agar dapat menentukan strategi terarah dan terukur.

Jika tidak, bukan tidak mungkin pesaing dapat melihat potensi yang lebih pesat dibandingkan market leader. Di masa pandemi, tidak jarang terjadi pergeseran pemimpin pasar di subsektor tertentu, karena tak mampu membaca arah pergerakan pasar dan preferensi konsumen.


 

Duniaindustri.com -- salah satu startup big data yang fokus pada pengembangan digital database, layanan data spesifik, riset pasar, survei perusahaan, direktori digital, riset big data -- memiliki fitur khusus yakni Datapedia Marketplace yang dapat menghubungkan antara penyedia layanan data spesifik dan user. Mari kita lihat bersama siapa yang memiliki data spesifik dan apa saja kebutuhan yang disampaikan user:

 Pemilik data:

1. Yuliab memiliki data produksi dan direktori industri tekstil (hulu-antara-hilir) terbaru, harga yang ditawarkan negotiable.

2. Eka memiliki data ekspansi pemain baru di industri semen, harga yang ditawarkan Rp 300.000,- (nego)

3. Mr x memiliki data breakdown ekspor, info lengkap eksportir, voume dan harga, per HS number update per bulan

4. Ms Y punya database distributor grosir minuman se-Jawa-Bali, lengkap dengan nomor handphone dan alamat dari sumber database internal. Harga yang ditawarkan Rp 5 juta.

5. Ms EA memiliki database eksportir-importir berbagai komoditas, lengkap dengan nama buyers, shipping, pelabuhan, dan volume ekspor/impor per entitas usaha. Harga yang ditawarkan call us.

6. Mr BS memiliki database direktori perusahaan di 35 sektor yang berguna untuk marketing perusahaan. Harga yang ditawarkan call us.

7. Mr AD memiliki database direktori perusahaan eksportir dan importir sekitar 10.000, disertai rekam jejak ekspor dan impor dalam dua tahun terakhir per komoditas dan per negara tujuan.

User:

1. Rona, pegawai perusahaan di Jakarta, membutuhkan data penjualan rokok, nama dan kapasitas perusahaan rokok di Indonesia, bujet yang disediakan Rp 250.000,- (nego)

2. Bapak Adhie butuh data distributor inverter seluruh Indonesia, dana yang disediakan negotiable

3. Bapak Sam butuh outlook industri otomotif 2016, dana yang disediakan negotiable.

4. Asdianor butuh harga pasaran rotan di Indonesia.

5. Wendi Asmorojati mencari data yang berkaitan dengan pengaruh waktu penyampaian laporan keuangan dan keputusan keuangan perusahaan terhadap kinerja perusahaan yang go public di BEI.

6. Bapak Donny butuh data terkait industri PVC (petrokimia hilir) di Indonesia.

7. Bapak B butuh data sebagai berikut: A. Data Statistik Biaya Logistik Indonesia dari tahun 1990 sampai 2015 yang terinci dengan komponen biaya berikut: 1) Biaya Transportasi, 2) Biaya Pergudangan, 3) Biaya Administrasi. B. Data Statistik Trafik Peti Kemas (Ekspor dan Impor) Pelabuhan Indonesia dari tahun 1990 sampai 2015.

8. Bapak x butuh data penjualan elektronik dan ponsel per tipe per periode 2014-2016, secara nasional dan per wilayah, serta data distributor elektronik dan smartphone di Indonesia.

9. Bapak T butuh data spesifik: suku bunga kredit, NPL perusahaan, Booking/penjualan by unit & nominal
perbulan dari th 2011 - juni 2017 untuk:
1. Kredit mobil BCA
2. Kredit mobil Bank Mandiri
3. Kredit mobil Mandiri Tunas Finance
4. Kredit mobil BCA Finance

10. Ibu N sedang mencari data pemain terbesar baik produsen, importir dan distributor Infant Formula Baby dan Growing up Milk periode 2016-2017 beserta merek-merek dagangnya. Serta data merek-merek produk tersebut yang paling laku di pasar Indonesia.

11. Bapak RC butuh data untuk statistik impor produk plastik dan market share perusahaan produsen plastik.

12. Julian butuh data penjualan dan produksi mackaroni snack dan kerupuk.

13. Reynildaputri butuh data sektor industri di provinsi jawa timur, meliputi jumlah industri, penyerapan tenaga kerja, nilai produksi menurut kab/kota.

14. Bapak Yudi butuh data penjualan alat berat per merek per segmen, per bulan, per kuartal, dan per tahun periode 2017-2018

15. Mr RS butuh laporan keuangan full audited market leader elektronik non tbk periode 2013-2017. Budjet sekitar Rp 10 juta.

16. Mr jp butuh forecast pertumbuhan pasar industri cat hingga 2025.

17. Bapak TR butuh data penjualan alat berat per merek, per perusahaan di seluruh Indonesia, terkait produksi riil dan pangsa pasar, serta forecast hingga 2020.

18. Bapak Ricky
Data konsumen kafe dan resto, dari gender, profesi, umur, tingkat ekonomi, preferensi menu, average spending, preferensi resto based on occasion, frekuensi kunjungan, brand preference dan data lainnya. Untuk wilayah Bandung serta Pulau Jawa, dan nasional.

19. Ibu Rahmi
Data Market Share Mie Sedaap & Market Size Mie Instant di Indonesia?

20. Bapak Sam
Data mengenai pertumbuhan dan konsumsi pasar semen di wilayah Bogor?

21. Tenri
Saya membutuhkan data laporan keuangan tahunan 5 tahun (tahun 2013, 2014, 2015, 2016, 2017) untuk seluruh bank konvensional maupun syariah di Indonesia.

22. TuanAnh Nguyen butuh Indonesia import data by HS code for HS 851712 and 851770.

23. Bapak AA butuh data market share tinta inkjet dan laserjet, tinta original vs non original, toner original vs no original.

24. Ibu MS butuh data lengkap penjualan TELEVISI dari seluruh PERUSAHAAN/INDUSTRI ELEKTRONIK yang ada di indonesia setiap tahun nya?

25. Bapak RS butuh copy IUP untuk PT. INDONESIAN CCI Reg. Number. ---/IUP-OP.P/3317.5.44.11 TAHUN 2015 Tahapan Pelaksanaan: Operasi Produksi, Produksi: Gamping, Lokasi: Ds.Tahunan Kec. Sale Kab. Rembang REMBANG.

26. Ibu Diana AM butuh data tentang pasar jarum suntik di Indonesia, market share dan profil pemainnya.

27. Bapak Agus butuh tren pasar rokok, saluran distribusi rokok, trend harga jual, serta preferensi merek yang paling diminati konsumen.

28. Bapak x butuh makro analisis bisnis beton dan EPC di Indonesia termasuk forecasting sales dan laba 2019.

29. Ibu RY butuh data total nilai penjualan sektor pertambangan, sektor manufaktur, dan sektor infrastruktur & transportasi, serta breakdown per perusahaan.

30. Bapak Arya butuh data pangsa pasar dan data penjualan es krim di Indonesia.

31. Bapak AR butuh data populasi toko penjualan elektronik home appliance (televisi, AC, kulkas) di Jakarta per kotamadya.

32. Bapak CHR butuh database purchasing industri beserta contac person dan emailnya.

34. Ibu AYU butuh data marketshare dan market size lipstik di Indonesia tahun 2017 dan 2018.

35. Ibu Reza Aprinia butuh data Market Share dan Market Size kategori Skincare produk Sheet Mask tahun 2018-2019.

36. Bapak Ali M butuh data distribusi penjualan mobil per-provinsi dan per-category tahun 2017 dan 2018.

37. Bapak HH butuh riset mengenai pasar keju di Indonesia, khusus untuk jenis natural cheese.

38. Bapak DR butuh data market share dan market size perusahaan startup teknologi finansial (tekfin) atau fintech lending, serta strategi marketingnya.

39. Bapak Wisnu DC butuh data market size dan market share produsen serta merek teratas cokelat olahan di Indonesia serta strategi marketingnya.

40. Bapak Fakhri butuh data market share radio periode 2017 dan 2018, serta pertumbuhan market size iklan radio di Indonesia.

41. Bapak PRG butuh market observation dan market investigation serta survei lapangan terkait persaingan pangsa pasar merek semen di salah satu provinsi di Pulau Jawa.

42. Ibu Hanna butuh survei lapangan tentang tren penjualan otomotif roda dua dan roda empat serta tren perilaku konsumen dalam membeli otomotif di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

43. Ibu TD butuh tiga data spesifik yakni a) Data importir ban di Indonesia, nama perusahaan, jenis ukuran yang diimpor dan kuantity ban import per tahun; b) Data produsen ban di Indonesia, nama perusahaan, jenis ukuran ban yang diproduksi, kuantity produksi per tahun; c) Data ekspor ban oleh perusahaan ban di indonesia, jenis ukuran ban dan kuantity per tahun.

44. Bapak WT butuh Consumer data statistic in hair products overall in Indonesia, brand analisis, and market outlook 2020-2024.

45. Ibu Radina butuh membutuhkan data caprolactam untuk tugas akhir saya, kira-kira saya bisa mendapatkan data kebutuhan caprolactam di asia tenggara secara spesifik tidak ya? Seperti di malaysia, brunei dan negara tetangga lainnya.

46. Bapak Mx butuh data produksi industri manufaktur per bulan dan per daerah di Indonesia.

47. Ibu YF butuh data 30 perusahaan farmasi dengan market share tertinggi di Indonesia.

48. Bapak WT butuh data riset untuk produk perawatan rambut (hair products), survei harga di pasar, rata-rata belanja konsumen, brand analysis, SWOT analysis.

49. Bapak DM butuh market investigation balance sheet salah satu produsen serat sintetis di Purwakarta.

50. Bapak mch butuh survei harga jual baja ringan di sejumlah lokasi utama pasar di Pulau Jawa dan competitor intelligence sejumlah pesaing.

51. Bapak TH butuh data market share seluruh brand minyak goreng per provinsi di Indonesia.

52. Ibu FR butuh data penjualan motor per kota, per provinsi di Indonesia serta market outlook ke depan.

53. Bapak Hr butuh data potential foreign buyers untuk komoditas Produk Pinang, Kopi, Virgin Coconut Pil, Copra, Essential Oil, dan Tropical Fruits.

54. Bapak AAN butuh data market analisis bata ringan, semen mortar, dan precast panel.

55. Bapak WN butuh data spesifik dan riset pasar oli pelumas untuk pabrik/industri non otomotif di Indonesia beserta rekam jejak pertumbuhannya.

56. Bapak WL butuh data pertumbuhan pasar beton pracetak per kategori yang lebih detail untuk menggambarkan kondisi pasar secara riil.

57. Bapak HB butuh direktori buyers asing untuk sejumlah komoditas ekspor utama, yakni minyak kelapa, aneka buah, kopi, dan komoditas lain.

58. Bapak TS butuh data pangsa pasar dan pemain utama bathching plant di Indonesia.

59. Bapak UG butuh data pangsa pasar minyak goreng sejumlah market leader di seluruh provinsi di Indonesia.

60. Bapak DY butuh Saat ini perusahaan kami sedang membutuhkan data market dari penjualan Alat Kesehatan di Indonesia. Untuk menunjang penjualan kami, kami membutuhkan data yaitu, data penjualan alkes 2018-2024. kami bagi menjadi 2 periode yaitu 2018-2019 untuk melihat trend sebelum covid 19 dan 2020-2024 untuk melihat trend alkes pasca covid.

61. Bapak RHM butuh saat ini saya akan mengajukan skripsi terkait persaingan di Industri Minyak goreng dalam kemasan, saya membutuhkan data terkait market share khususnya 5 tahun terakhir pada 5 atau 10 besar perusahaan terkait.

62. Bapak SND butuh data pangsa pasar mayonese teraktual periode 2018-2020.

63. Ibu ANS butuh data impor untuk 10 komoditas dengan keterangan informasi spesifik terkait volume impor, no HS, nilai, mata uang, pertumbuhan per tahun, dan lainnya

64. Bapak MYN butuh data susu pertumbuhan, susu anak-anak, susu dewasa, sampai susu diet per kategori per merek periode 2018-2020.

65. Bapak AWN butuh kajian limbah medis rumah sakit di daerah Jabodetabek, mencakup volume limbah RS, pengelola limbah, dan lainnya.

66. Bapak ASY butuh riset terkait prospek bisnis umroh dan travel pasca Covid-19.

67. Bapak AW butuh riset pangsa pasar mesin boat tempel, oli mesin kapal, busi kapal, dan komponen kapal laut, dan lainnya.

68. Ibu INR butuh data riset pertumbuhan dan pangsa pasar bumbu instan dan bumbu masak per daerah per merek periode terbaru.

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh