Langsung ke konten utama

Database Industri Perkapalan, Pelayaran, dan Pelabuhan di Indonesia

Data dan Outlook Industri Perkapalan, Pelayaran, & Pelabuhan (Riset Tren Armada Kapal 2005-2020) ini dirilis akhir Januari 2018 menampilkan data, outlook, riset tren, kajian independen, tabel dan infografis terkait perkembangan industri perkapalan, pelayaran, dan pelabuhan. Disajikan dalam tabel dan infografis yang menarik, data ini diharapkan bermanfaat bagi pelaku industri serta stakeholders terkait.

Data dan Outlook Industri Perkapalan, Pelayaran, & Pelabuhan (Riset Tren Armada Kapal 2005-2020) ini dimulai dengan menampilkan outlook data makro ekonomi Indonesia 2017-2020, tren inflasi, hingga tren investasi. (halaman 2 sampai 4)

Masuk ke pembahasan detail, pada halaman 5 ditampilkan data tren jumlah armada kapal secara nasional pada periode 2005-2016 dan persentase pertumbuhan per tahun (compound annual growth rate/CAGR). Data tren tersebut dilengkapi dengan faktor pendorong dan tren kapasitas angkut. Disusul kemudian, disajikan tabel perkembangan jumlah armada kapal secara nasional pada periode 2005-2016 serta proyeksi 2017-2020 pada halaman 6.

Pada halaman 7, dijabarkan tentang minimnya penggunaan industri pelayaran dan perkapalan lokal untuk kebutuhan ekspor-impor. Sedangkan pada halaman 8, dipaparkan peta klaster industri perkapalan nasional menurut Kementerian Perindustrian pada 2015-2020. Salah satu sasarannya pada 2020, klaster industri perkapalan nasional sudah mampu memproduksi kapal berkapasitas 200 ribu ton bobot mati (dead weight tonnage/DWT), dilengkapi jumlah perusahaan industri perkapalan nasional.

Pada halaman 8-9, dipaparkan peran industri perkapalan dan pelayaran dalam kerangka industri maritim yang menjadi motor pertumbuhan baru ekonomi nasional. Meski demikian, industri perkapalan dan pelayaran memiliki tantangan berupa pangsa pasar pelayaran internasional (halaman 10), program beyond cabotage (halaman 11), dan strategi pengembangan ke depan (halaman 12).

Profil industri perkapalan di Indonesia ditampilkan pada halaman 13 berupa pointers, berisi kondisi geografi, profil industri galangan kapal, dan profil kemampuan industri. Sebaran industri galangan kapal beserta nama perusahaan ditampilkan dalam grafis yang menarik pada halaman 14. Selanjutnya, pengalaman industri galangan kapal dijelaskan pada halaman 15-16, kebutuhan revitalisasi kapal tua pada halaman 17, prospek kebutuhan kapal pada halaman 18. Sasaran dan strategi pengembangan industri perkapalan nasional diterangkan secara detail sejak periode 2012-2025 pada halaman 19-24.

Pada halaman 25-42, dijelaskan mengenai data-data pendukung terkait industri perkapalan, industri pelayaran, dan industri pelabuhan di Indonesia. Mulai dari, neraca industri pelayaran di Indonesia yang masih didominasi partisipasi asing dalam penggunaan perusahaan asing untuk ekspor-impor serta charter & leasing kapal asing, tabel jumlah armada pelayaran nasional, pangsa pasar industri pelayaran nasional, data kedalaman pelabuhan di Indonesia, kapasitas industri galangan kapal di Indonesia, perhitungan skala ekonomi kedalaman pelabuhan di Indonesia, kapasitas industri galangan kapal untuk reparasi.

Selain itu, ditampilkan data tentang konsep tol laut, elemen tol laut, jaringan trayek angkutan barang di laut, perbandingan biaya transportasi laut domestik dan logistik, pengembangan pelabuhan prioritas, profil industri pelabuhan saat ini, strategi pendukung infrastruktur pelabuhan, dan rekam jejak pertumbuhan volume transportasi laut periode 2010-2015.

Data dan Outlook Industri Perkapalan, Pelayaran, & Pelabuhan (Riset Tren Armada Kapal 2005-2020) sebanyak 42 halaman ini berbentuk dokumen pdf berukuran 8,1 MB dan berasal dari kompilasi data Duniaindustri.com didukung data dari BPS, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Bappenas, INSA, serta sumber lain yang terpercaya. Indeks database industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada duniaindustri.com.(*)


Sumber: klik di sini

* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 146 database, klik di sini
** Butuh 19 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
*** Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
**** Butuh copywriter specialist, klik di sini
***** Butuh content provider, klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh