Langsung ke konten utama

Di Balik Tren Perlambatan Akselerasi Kredit Perbankan

Akselerasi pertumbuhan tahunan kredit perbankan pada 2017 tercatat 8,1% secara tahunan (yoy), hanya naik tipis dibandingkan pertumbuhan kredit tahun sebelumnya 7,8%. Capaian pertumbuhan itu sedikit di bawah proyeksi Bank Indonesia sebesar 10%-12%.

Pertumbuhan kredit 2017 sebesar 8,1%, full year. Yang luar biasa sekali adalah pembiayaan pasar modal meningkatnya luar biasa,” ujar Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto, di Kompleks Perkantoran BI Jakarta, Jumat (12/1).

Erwin mengatakan, pembiayaan ekonomi dari pasar modal melalui penerbitan saham, obligasi, dan medium term notes mengalami pertumbuhan. “Pertumbuhan pembiayaan di pasar modal sepanjang 2017 di atas 35%,” ucapnya.

Berdasarkan data BI, pada Oktober 2017 pembiayaan ekonomi Indonesia melalui pasar keuangan, seperti penerbitan saham, obligasi dan medium term notes (MTN) mengalami pertumbuhan mencapai 45,5% secara tahunan (yoy).

Erwin memperkirakan, pertumbuhan kredit perbankan sepanjang 2018 bisa mencapai 12%. Sebelumnya, BI memperkirakan bahwa pertumbuhan kredit di tahun ini berada di kisaran 10%-12%, seiring dengan peningkatan aktivitas ekonomi dan dampak pelonggaran kebijakan moneter dan makroprudensial serta progres konsolidasi korporasi.

Sementara Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memperkirakan pertumbuhan kredit 2017 masih berpeluang menyentuh dua digit atau 10 persen. Pasalnya, kata Wimboh, pada akhir 2017 pertumbuhan penyaluran kredit menggeliat karena permintaan dari korporasi maupun individu meningkat.

Wimboh menyebut kredit konsumsi dan kredit modal kerja menjadi penopang pertumbuhan kredit pada akhir tahun. “Tapi memang masih missed (meleset) jika berdasarkan Rencana Bisnis Bank yang sebesar 11,8%. Tapi masih mendekati dua digit untuk pertumbuhannya,” ujar dia.

Bank Indonesia dan OJK sama-sama memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan pulih pada 2018, karena kondisi ekonomi domestik yang membaik dan konsolidasi perbankan yang segera tuntas. Kedua regulator memperkirakan pertumbuhan kredit perbankan mencapai 10% sampai 12% (tahun ke tahun) pada 2018.

Penghimpunan dana (fund raising) di pasar modal Indonesia hingga awal November 2017 sudah melampaui Rp 200 triliun, melebihi pembiayaan kredit perbankan yang baru mencapai Rp 190 triliun. Angka tersebut menunjukkan terjadinya pergeseran (shifting) bahwa penghimpunan dana di pasar modal menjadi alternatif yang lebih diminati dibanding pembiayaan kredit dari perbankan.

“Sebagai informasi, sampai awal November 2017 pertumbuhan fund raising di pasar modal sudah melampaui Rp 200 triliun, sedangkan untuk pembiayaan kredit perbankan itu baru mencapai Rp 190 triliun. Jadi tahun ini pertumbuhan fund raising di pasar modal sudah melampaui pembiayaan kredit perbankan. Nah shifting ini juga yang kita harus perhatikan karena menyangkut penggunaan dana publik,” kata Hoesen, Komisioner OJK dan Kepala Eksekutif Pasar Modal, beberapa waktu lalu.

Total fund raising korporasi di pasar modal antara lain berasal dari penawaran umum saham perdana (IPO), rights issue, dan obligasi. Total fund raising hingga awal November 2017 yang mencapai Rp 200 triliun juga melampaui pencapaian tahun 2016 sebesar Rp 165 triliun.

Hoesen menerangkan pasar modal Indonesia menunjukkan performa yang cukup baik di 2017. Pada penutupan 24 November 2017, IHSG meningkat 20,9% yoy dan 14,5% ytd. Tercatat jumlah emiten mencapai 537, naik 3,3% dari posisi 2015 sebanyak 521 emiten. “Peningkatan juga diikuti oleh kapitalisasi pasar yang pada 2015-2016 mencapai pertumbuhan 18%,” ucapnya.

Menurut dia, OJK sebagai regulator terus mengembangkan pasar modal di Indonesia, antara lain dari sisi supply dan pembangunan infrastruktur. Sementara dari sisi demand, OJK akan menerbitkan sejumlah ketentuan. “Dari sisi pengembangan investor, OJK akan mengembangkan investor ritel. Kalau investor asing sudah sangat dominan. Kami juga akan terus mengembangkan transparansi di pasar primer yaitu pada saat IPO. Kita lebih tingkatkan kualitas transparansinya,” paparnya.(*)

Sumber: klik di sini
* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 147 database, klik di sini

** Butuh 19 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
*** Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
**** Butuh copywriter specialist, klik di sini
***** Butuh content provider, klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh