Langsung ke konten utama

Menyongsong Tahun 2022 dengan Memperluas Basis Konsumen Korporasi

Duniaindustri.com (Oktober 2021) – Menyongsong 2022 sebagai tahun akselerasi pemulihan bisnis, korporasi diyakini akan berlomba-lomba untuk memperluas basis konsumen korporasi. Efek pandemi Covid-19 terbukti membentuk tatanan baru di sektor dunia usaha dengan menyisakan korporasi yang memiliki daya tahan dan keunggulan. Di sisi lain, marketing dan divisi penjualan berupaya keras untuk terus memperluas jangkauan konsumen korporasi untuk mempertahankan mesin pertumbuhan.



Dilema di era pandemi bertambah runcing dengan adanya pembatasan mobilitas dan interaksi sosial, menyisakan jalur komunikasi digital yang menjadi andalan utama. Untuk itu, mengingat pentingnya peran database direktori perusahaan bagi industri secara umum, Duniaindustri.com -- startup big data -- telah mengoleksi 19.426 database direktori perusahaan dan mengembangkan fitur baru yang diberi nama 'Customized Direktori Database'. Fitur baru ini akan terintegrasi dengan fitur lain yakni 'Indeks Data Industri', 'Market Research', dan 'Survei Perusahaan Target'.

Latar belakang launching fitur ini, Duniaindustri.com menilai seluruh perusahaan tentu memiliki target meraup jumlah konsumen sebanyak-banyaknya. Bahkan calon konsumen potensial pun perlu digarap, dalam arti dipetakan informasi spesifik tentangnya dalam sebuah kumpulan direktori, dicari kontak PIC, alamat, segmentasi pasar, informasi produksi, kapasitas terpasang, orientasi pasar, kebutuhan bahan baku, harga bahan baku yang dibutuhkan, nama pemasok, tren penjualan, dan informasi lain yang berharga.

Ini merupakan salah satu perangkat dan tools dari divisi marketing dan sales untuk mencapai target konsumen yang ditetapkan. Mengkombinasikan upaya, cara, metode terbaik untuk menembus 'pertahanan' konsumen, sebelum berperang--dalam arti menghadapi negosiasi harga misalnya.

Teknik ini biasanya digunakan dalam persaingan pasar yang ketat. Market leader juga tentu memiliki tools ini untuk membentuk database internal yang digunakan untuk meng-entertain konsumen mereka guna menciptakan loyalitas tanpa batas. Nah, untuk new comers yang sedang menjajaki pasar atau mempelajari karakter pasar, dibutuhkan tools tersendiri untuk menerjemahkan peta konsumen serta karakternya.

Dalam jangka panjang, Duniaindustri.com, startup big data, riset pasar, dan digital database, menargetkan mampu memiliki 200 ribu customized direktori perusahaan di sektor industri di Indonesia dalam tiga tahun ke depan.

Seiring perkembangan era digital, Duniaindustri.com yang merupakan start-up (perusahaan rintisan) yang fokus di sektor industri di Indonesia (platform riset data di segmen industri) pun ikut berbenah. Dengan peningkatan kapabilitas dan jumlah tim, Duniaindustri.com bertransformasi menjadi Indonesia Industrial Total Solution. Kini Duniaindustri.com dilengkapi dengan tim jurnalis, analis, buzzer, digital marketer, super programmer, digital desainer, field survey, consultant, dan data scientist yang menunjang performance secara menyeluruh. Dengan tagline Pionir Berita dan Komunitas Industri, Duniaindustri.com hadir dengan visi memajukan sektor industri dan pelaku usaha di Indonesia. Duniaindustri.com berkembang secara independen dengan menjunjung tinggi kepercayaan dan kenyamanan pengguna.

Duniaindustri.com berdiri sejak 2011 didukung dengan tim kreatif dan inovatif guna menjawab tantangan masa depan. Inovasi tiada henti merupakan salah satu motto Duniaindustri.com dengan pengembangan sejumlah fitur terbaru. Sejak 2011, member kami terus bertambah sejalan dengan penetrasi pasar yang efektif dan terarah. Dalam hal database spesifik, terdapat lebih dari 230 data industri khusus dengan didukung data provider andal di seluruh sektor industri.

Berikut ini ke-28 database direktori perusahaan secara customize yang dapat membantu pelaku industri menentukan target pasar secara terarah:

NoDatabase direktori perusahaan secara customizeHarga
1Database Direktori 635 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2021)US$ 500
2Database Direktori 393 Perusahaan Transportasi dan Telekomunikasi di Indonesia;US$ 400
3Database Direktori 231 Perusahaan Hotel, Restoran, dan Café di Indonesia;US$ 1.300
4Database Direktori Distributor Bahan Bangunan di Pulau Jawa;US$ 850
5Database Direktori Distributor Makanan Minuman di Pulau Jawa-Bali (Market Outlook Consumer Goods 2013-2024)US$ 800
6Database Direktori 5.248 Perusahaan Manufaktur, Energi, Infrastruktur, Konstruksi, dan Pertanian;US$ 800
7Database Direktori Spesifik 215 Perusahaan Industri di Jawa Timur (Direktori Khusus Per Daerah);US$ 300
8Database Direktori 368 Perusahaan Industri Permesinan, Aneka Mesin, dan Mesin Listrik;US$ 300
9Database Direktori 641 Perusahaan Telekomunikasi, Informasi Teknologi, serta Komputer dan Peralatannya;US$ 300
10Database Direktori 1.001 Perusahaan Tanaman, Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Industri Kayu;US$ 300
11Database Direktori 2.795 Perusahaan Energi, Infrastruktur, Konstruksi, dan Industri di Indonesia;US$ 300
12Database Direktori 601 Perusahaan Energi, Batubara, Minyak Bumi, dan Pertambangan;US$ 300
13Database Direktori 391 Perusahaan Infrastruktur Pelabuhan, Bandara, Jalan Tol, dan Transportasi;US$ 300
14Database Direktori 448 Perusahaan Bank dan Lembaga Pembiayaan;US$ 300
15Direktori Database 460 Perusahaan Investasi dan Reksadana;US$ 300
16Database Direktori 418 Perusahaan Konstruksi di Indonesia;US$ 300
17Database Direktori Spesifik 202 Perusahaan Rokok di Indonesia (Update 2020)US$ 300
18Database Direktori Spesifik 450 Perusahaan Kimia, Petrokimia, dan Plastik (Update 2020);US$ 300
19Database Direktori Spesifik 311 Perusahaan Semen dan Bahan Bangunan (Update 2020);US$ 300
20Database Direktori Spesifik 274 Perusahaan Ritel Modern (Update 2020);US$ 300
21Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar);US$ 300
22Database Direktori 203 Perusahaan Makanan Minuman (Profil Produk dan Market Share);US$ 300
23Database Direktori 364 Perusahaan Farmasi, Obat, Alat Kesehatan di Indonesia;US$ 300
24Database Direktori 845 Perusahaan Kendaraan Bermotor;US$ 300
25Database Direktori 935 Perusahaan Elektronik di Indonesia;US$ 300
26Database 1.452 Direktori Perusahaan Tekstil dan Garmen;US$ 400
27Database 165 Direktori Perusahaan Baja di Indonesia;US$ 300
28Data Buyer Agent Tekstil Terbesar dan Representative Office di IndonesiaUS$ 500

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database Lengkap Industri Perikanan, Hasil Laut, dan Olahannya

Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dirilis pada minggu pertama Februari 2018 menampilkan data komprehensif, tren perkembangan, infografis menarik , terkait industri perikanan dan hasil laut (rumput laut, ikan surimi, udang, tuna tongkol cakalang, kepiting & rajungan, cumi & gurita). Diperkuat dengan tren produksi, sebaran lokasi, serta nama produsen, data komprehensif ini diharapkan dapat memperkaya database persaingan pasar guna menentukan arah strategi bisnis ke depan. Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2-4). Dengan dukungan jumlah penduduk yang besar, pasar industri perikanan dan hasil laut cukup prospektif dan atraktif baik untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor. Pada halaman 5, ditampilkan tabel tren perkembangan konsumsi

Tren Nilai Pasar Industri Detergent di Indonesia

Nilai pasar (market size) industri deterjen di Indonesia diestimasi tumbuh 3,5% menjadi Rp 10,11 triliun pada 2016 dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 9,77 triliun, menurut riset duniaindustri.com . Momentum perbaikan perekonomian Indonesia dan daya beli konsumen akan menopang pertumbuhan market size industri deterjen tahun ini. Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan market size industri deterjen cukup fluktuatif. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada 2014 sebesar 6% menjadi Rp 9,54 triliun. Namun, perlambatan perekonomian nasional, depresiasi kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, serta kejatuhan harga komoditas dunia ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan industri deterjen pada 2015. Tahun lalu, market size industri deterjen diperkirakan tumbuh melambat menjadi 2,5%. Tiga raksasa consumer goods di Indonesia, yakni Wings Group, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Kao Indonesia, makin ketat bersaing di pasar deterjen di indonesia. Berdasarkan penelusur

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc