Langsung ke konten utama

Mengukur Dampak Pandemi terhadap Pertumbuhan Pasar Oli Pelumas

 Riset Data Spesifik Trend Pasar Industri Oli Pelumas 2014-2024 (Trend Pangsa Pasar & Market Leader) ini dirilis pada minggu pertama Agustus 2021 berisi menampilkan riset independen, data komprehensif, analisis terbaru dan ulasan pasar, serta tren pertumbuhan volume pasar dan pangsa pasar oli pelumas secara umum maupun oli pelumas spesifik segmen otomotif (mobil dan motor) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari tren pertumbuhan pasar industri oli pelumas secara umum (overall market), tren produksi dan penjualan domestik, hingga ke analisis lebih mendalam terkait market trend oli pelumas, hingga pangsa pasar pemain oli.


Riset Data Spesifik Trend Pasar Industri Oli Pelumas 2014-2024 (Trend Pangsa Pasar & Market Leader) ini merupakan update terbaru dari riset spesifik sebelumnya ditambah proyeksi hingga 2024. Riset data tersebut menjadi salah satu dari 232 kumpulan database spesifik terlengkap yang diproduksi tim Duniaindustri.com, dengan coverage yang cukup luas dari gambaran umum hingga spesifik sehingga dapat menggambarkan dinamika industri yang komprehensif.

Riset data ini dimulai dengan menampilkan dengan menampilkan highlights perekonomian Indonesia, yang terpengaruh pandemi Covid-19 sehingga mengganggu aktivitas industri secara umum. Tantangan perlambatan ekonomi di 2020 menjadi perhatian khusus para pelaku industri, termasuk sektor frozen food. (halaman 2 sampai halaman 4)

Kemudian disusul megatrend dunia menuju 2045 dan demografi dunia di halaman 5, highlights demografi Indonesia periode 2010 hingga 2045 di halaman 6. Dilanjutkan dengan rasio jumlah penduduk di Indonesia berdasarkan wilayah periode 2010 dan 2045 pada halaman 7. Serta, skenario pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan dua skenario (skenario dasar atau baseline dan skenario tinggi) periode 2016-2045 pada halaman 8 hingga halaman 10.

Masuk ke pembahasan utama, pada halaman 11 sampai halaman 15 ditampilkan market size (size business by volume) industri oli pelumas di Indonesia periode 2014 hingga 2024 forecast. Kajian market size ini mencakup volume pasar (market demand) beserta pertumbuhannya, serta segmentasi penjualan produk lokal vs produk impor dan oplosan. Data tersebut dijabarkan kembali dengan market analysis yang terjadi pada periode 2014-2024.

Pada halaman 16 sampai halaman 23 ditampilkan market trend yang terjadi pada periode 2020 dan 2021, meliputi strategi ekspansi bisnis para market leader dan target sasarannya. Juga, ditampilkan rekam jejak market trend yang terjadi pada periode 2017-2019 sebagai pelengkapnya.

Rekam jejak peta persaingan bisnis oli pelumas di Indonesia dalam hal pangsa pasar (overall market) dijabarkan secara detail pada halaman 24 hingga halaman 36. Dalam pembahasan pangsa pasar, ditampilkan tabel pie chart secara historical untuk periode tahun 2011, 2014, 2018, dan 2020 untuk memperlihatkan trend perkembangan secara periodik.

Dilanjutkan pembahasan tentang komposisi/porsi segmen oli otomotif dan segmen oli industri terhadap total market value pada halaman 37 sampai 43. Data komposisi oli pelumas per segmen itu kemudian di-breakdown untuk ditarik tren pertumbuhannya dan dianalisis untuk periode 2014-2024.

Pada halaman 44 hingga 49, ditampilkan tren perkembangan pangsa pasar oli pelumas motor periode 2017, 2018, dan 2020 diiring dengan market analysis serta hasil survei tim Duniaindustri.com. Dilanjutkan dengan pembahasan hasil market intelligence berisi paparan tren kinerja penjualan, produksi, dan pangsa pasar dua market leader industri oli pelumas, ditambah strategi bisnis dan target ke depan pada halaman 50 sampai 66.

Riset Data Spesifik Trend Pasar Industri Oli Pelumas 2014-2024 (Trend Pangsa Pasar & Market Leader) ini berisi sebanyak 67 halaman berukuran 7,59 MB, berasal dari riset eksklusif dan hasil survei tim duniaindustri.com, didukung data penunjang dari Kementerian Perindustrian, BPS, WHO dan Bank Dunia, Kementerian ESDM, asosiasi industri dan sejumlah perusahaan oli pelumas di Indonesia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan ratusan data pilihan sesuai kebutuhan users (per Agustus 2021 terdapat 232 riset data spesifik per sektor). Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih atas kepercayaan Anda kepada duniaindustri.com.(*)

Sumber: klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh