Langsung ke konten utama

Tren Pasar 35 Brand Mobil di Indonesia

Riset Data Populasi Mobil 1950-2025 (Market Analysis Persaingan Pangsa Pasar Mobil) ini dirilis minggu pertama Oktober 2018, menampilkan data komprehensif, riset data spesifik, tren pasar, market analysis, serta peta persaingan pangsa pasar merek mobil di Indonesia. Riset pasar ini dibuat sebagai acuan (benchmark) strategi pemasaran bagi industriawan yang terkait dengan mobil dan komponennya, terutama untuk mengukur tren potensi pasar berdasarkan rekam jejak yang panjang.

Riset Data Populasi Mobil 1950-2025 (Market Analysis Persaingan Pangsa Pasar Mobil) ini dimulai dengan menampilkan highlight dan outlook perekonomian Indonesia. Pada 2016 dan 2017, perekonomian Indonesia mampu bertumbuh positif di tengah tantangan perlambatan ekonomi global (halaman 2 dan 3).

Proyeksi ekonomi dan perdagangan global pada 2018 diringkas dalam infografis yang menarik pada halaman 4. Pada halaman 5 sampai 7, diulas proyeksi pertumbuhan masing-masing sektor ekonomi di Indonesia meliputi industri pengolahan, konstruksi, perdagangan, informatika dan telekomunikasi, jasa keuangan, pertanian, transportasi, pertambangan, listrik, minyak dan gas. Juga dilengkapi dengan katalis masing-masing sektor.

Pada halaman 8, ditampilkan tabel data pertumbuhan PDB Indonesia per kapita periode 2008-2019F. Dilanjutkan pada halaman 9 berupa definisi industri otomotif, dilihat dari terminologi bahasa. Kemudian pada halaman 10 sampai 12 ditampilkan pointers subsektor industri otomotif mobil lapisan pertama (subsektor perakitan) hingga lapisan kedua (subsektor komponen), beserta grafis piramida industri.

Berlanjut pada halaman 13, dipaparkan definisi industri mobil dan industri mobil penumpang, dilihat dari terminologi bahasa. Pada halaman 14 sampai 17, ditampilkan market trend persaingan industri mobil di Indonesia.

Masuk ke pembahasan spesifik, pada halaman 18 sampai 22 ditampilkan tabel data populasi mobil penumpang di Indonesia pada periode 1950-2025F, beserta trend pertumbuhannya. Data spesifik populasi tersebut kemudian dianalisis pada halaman 23 dan 24.

Beralih ke pembahasan selanjutnya, pada halaman 25 sampai 27, Duniaindustri.com menampilkan data trend pangsa pasar merek-merek mobil di Indonesia periode 2014-2015, lengkap dengan volume penjualan, serta kategori negara asal prinsipal merek bersangkutan. Total ada 35 merek/brand mobil yang bersaing di Indonesia dari 6 prinsipal kategori asal negara. Pada halaman 28 dan 29, ditampilkan tabel pie chart dari data halaman sebelumnya (halaman 25-28).

Pada halaman 30 sampai 32, ditampilkan data trend pangsa pasar merek-merek mobil di Indonesia periode 2016-2017, lengkap dengan volume penjualan, serta kategori negara asal prinsipal merek bersangkutan. Total ada 35 merek/brand mobil yang bersaing di Indonesia dari 6 prinsipal kategori asal negara. Pada halaman 33 dan 34, ditampilkan tabel pie chart dari data halaman sebelumnya (halaman 30-32).

Pada halaman 35 sampai 36, ditampilkan analisis dari data trend pangsa pasar 35 merek/brand mobil di Indonesia dari 6 prinsipal kategori asal negara. Disusul kemudian pada halaman 37, data trend pangsa pasar 12 merek/brand mobil di sejumlah daerah di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, dan Bali periode 2016-2017. Selain itu, pada halaman 38, ditampilkan data sebaran kontribusi penjualan mobil per provinsi dari salah satu market leader distribusi mobil di Indonesia, sebagai acuan (benchmark) trend pasar mobil per provinsi.

Pada halaman 39, dipaparkan tabel data rasio kepemilikan mobil di Indonesia dibandingkan sejumlah negara di Asia. Dilanjutkan dengan pohon bisnis industri mobil dengan sektor-sektor pendukungnya pada halaman 40, disusul tabel kapasitas perakitan dari 17 perusahaan otomotif mobil di Indonesia pada halaman 41. 

Pada halaman 42, ditampilkan data tren penjualan mobil dan motor per tahun periode 2005-2019F, disertai segmen konsumen mobil dan tingkat penetrasi kepemilikan mobil pada halaman 43. Di sisi lain, arah kebijakan/regulasi pemerintah, tantangan, insentif investasi, serta perkembangan aktual ditampilkan pada halaman 44 sampai 48.

Riset Data Populasi Mobil 1950-2025 (Market Analysis Persaingan Pangsa Pasar Mobil) ini berisi 49 halaman dengan ukuran file 4,96 MB. Riset data ini didukung data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), serta data-data pendukung dari sejumlah produsen dan distributor mobil di Indonesia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih.(*)

Sumber: klik di sini

(Silakan di-klik untuk terhubung langsung ke masing-masing database)

Atau Mari Simak Coverage Riset Data Spesifik Duniaindustri.com:
Market database
Manufacturing data
Market research data
Market leader data
Market investigation
Market observation
Market intelligence
Monitoring data
Market Survey/Company Survey
Multisource compilation data
Market domestic data
Market export data
Market impor data
Market directory database
Competitor profilling
Market distribution data
Company database/directory
Mapping competition trend
Profiling competitor strategy
Market data analysist
Historical data
Time series data
Tabulation data
Factory directory database
Market segmentation data
Market entry strategy analysist
Big data processor
Financial Modeling/Feasibility Study
Price trend analysist
Data business intelligence
Annual report





* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 165 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider (branding online), klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini

Database Riset Data Spesifik Lainnya:
  • Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 165 database, klik di sini
  • Butuh 22 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
  • Butuh 18 Kumpulan Riset Data Kelapa Sawit, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Semen dan Beton, klik di sini
  • Butuh 8 Kumpulan Riset Data Baja, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Transportasi dan Infrastruktur, klik di sini
  • Butuh 9 Kumpulan Data Makanan dan Minuman, klik di sini
  • Butuh 6 Kumpulan Market Analysis Industri Kimia, klik di sini
  • Butuh 3 Kumpulan Data Persaingan Pasar Kosmetik, klik di sini
  • Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
  • Butuh copywriter specialist, klik di sini
  • Butuh content provider (online branding), klik di sini
  • Butuh market report dan market research, klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh