Langsung ke konten utama

Mengatasi Kesulitan Data dan Database dengan Solusi Instan dari Startup Big Data Ini

 Duniaindustri.com (April 2024) -- Selepas gelaran pemilu 2024, ekonomi Indonesia diprediksi melaju menuju momentum pertumbuhan tinggi yang pernah terjadi di era Presiden Jokowi. Guna menyongsong prediksi itu, pelaku industri perlu mendapat dukungan dari 288 data research terlengkap berbasis data survei dan exim.

Duniaindustri.com sebagai salah satu startup big data dan market research terus berupaya mengupdate data research teraktual guna mendukung pertumbuhan bisnis di negeri ini. Tim Duniaindustri.com memperluas cakupan metodologi dan teknik pengumpulan, penelusuran, dan pengolahan data, analisis, kajian independen, serta riset data spesifik dengan 12 komponen utama, yakni:

1. Survei lapangan
2. Kuesioner
3. Market comprehensive database (regulatory source)
4. Market intelligence database (leading player data)
5. Historical database
6. Factory observation
7. Market investigation
8. Time frame monitoring data
9. Probability and sensitivity market forecast
10. Third party data compilation (networking database)
11. Literature colaboration
12. Big data processor

[caption id="attachment_9797" align="alignnone" width="353"]metodologi big data duniaindustri.com metodologi big data duniaindustri.com[/caption]

Mulai 2020, Duniaindustri.com sebagai startup big data dan market research mempeluas coverage sumber dengan berbasis database ekspor impor (exim) yang menjangkau 10.826 pos tarif produk HS code dan 25.400 direktori perusahaan customize. Diharapkan kolaborasi sumber tersebut ditambah metode survei dan kuesioner dapat menjadi referensi andalan bagi riset pasar di Indonesia.

Saat ini duniaindustri.com menghimpun lebih dari 1.000 ukm dan lebih dari 10.000 basis user baik secara perorangan maupun perusahaan, serta industrial agent dari 10 negara di dunia, seperti Korea Selatan, Jepang, Eropa, Dubai.

Indeks Data Industri yang bisa didownload: (288 Database Spesifik per April 2024) -- Silakan diklik per data untuk penjelasan lebih lanjut:

  1. Data Potensi Proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) 2022-2024
  2. Laporan Analisis Brand Awareness dan Brand Monitoring Restoran Bebek Goreng
  3. Database Direktori Spesifik 333 Perusahaan Konstruksi dan Bahan Material Bangunan (Update 2024)
  4. Riset Pertumbuhan Pasar Beton Readymix 2022-2028 (Outlook Pangsa Pasar 8 Market Leader)
  5. Market Outlook Industri Beton Pracetak 2008-2028 (Trend Pangsa Pasar Market Leader)
  6. Riset Pertumbuhan Pasar Industri Besi Beton 2022-2028 (Pangsa Pasar 16 Produsen Terbesar)
  7. Market Outlook CRC 2018-2031 (Pemetaan Top Produsen dan Konsumen Berdasarkan Ketebalan dan Lebar)
  8. Database Direktori 640 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2023)
  9. Riset Data Pertumbuhan Pasar Tepung Bumbu dan Bumbu Penyedap 2017-2023 (Pangsa Pasar Top 5 Market Leader)
  10. Riset Data Pertumbuhan Pasar Pipa Baja ERW di Indonesia 2017-2030
  11. Database Distributor Industri Makanan Minuman di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali (Update 2023)
  12. Data Spesifik Pangsa Pasar Industri Frozen Food Kategori Bakso (Trend Pertumbuhan Pasar 2013-2024)
  13. Market Outlook Industri Farmasi dan Alat Kesehatan 2020-2025 (Mengurai Pertumbuhan Segmen Pasar dan Strategi Market Leader)
  14. Kajian Potensi Pasar Kosmetik Skincare 2022-2024
  15. Data Potensi Penjualan Sepeda Motor Per Varian Produk Per Tipe 2022-2025
  16. Database Direktori 153 Rumah Sakit (Kombinasi Direktori RS Pemerintah dan Swasta)
  17. Data Eksklusif Pertumbuhan Pasar Industri Cat 2015-2025 (Pangsa Pasar dan Market Leader Database)
  18. Kajian Pertumbuhan Produk Farmasi, Obat dan Alat Kesehatan 2021-2024
  19. Riset Data dan Outlook Industri Consumer Goods 2021-2024 (Analisis Market Growth Trend)
  20. Database Importir Baja Ringan di Indonesia dan Direktori Per Perusahaan
  21. Riset Data Spesifik Market Share dan Pertumbuhan Pasar Industri Ragi Instan
  22. Market Research Report Monitoring Harga Jual Garmen Segment Khusus
  23. Data Riset Pangsa Pasar Produsen Baja HRC dan CRC di Indonesia
  24. Data Neraca Supply Demand 26 Produk Petrokimia 2022-2023
  25. Data Market Share Para Pemain Industri Semen 2014-2023 (Data Historis dan Persaingan Pasar)
  26. Riset Data Industri Bumbu dan Bahan Tambahan Pangan 2017-2023 (Market Share Top 5 Player di 5 Kategori)
  27. Database Eksportir dan Buyers Asing Komoditas Kopi dan Produk Turunannya
  28. Market Demand Outlook Industri Margarin 2016-2027 (Pemetaan Pangsa Pasar dan Profil Market Leader)
  29. Database Direktori 331 Perusahaan Besi Baja Hulu dan Hilir di Indonesia (Update 2022)
  30. Kajian Potensi Populasi Pasar Sepeda Motor di Jawa Timur (Trend Populasi Motor di 38 Kabupaten Kota Jatim 2019-2021 Per Brand, Per Tipe, Per CC, Per Varian)
  31. Riset Data Pertumbuhan Produk Farmasi dan Alat Kesehatan 2019-2024 (Tiga Skenario Dampak Kenaikan Harga BBM)
  32. Market Demand Research Ring Jantung di Indonesia 2018-2022 (Market Leader Analysis)
  33. Kajian Pertumbuhan Pasar Industri Kecap 2017-2025 (Market Share Top 6 Biggest Player)
  34. Data Research Market Share Pemimpin Pasar Pupuk NPK (Trend Pertumbuhan Demand 2017-2025)
  35. Riset Data Pertumbuhan Pasar Pupuk per Segmen 2017-2025 (Profil Market Leader)
  36. Database Direktori Perusahaan Distributor Makanan Minuman (Market Outlook Consumer Goods 2013-2024)
  37. Kajian Pertumbuhan Pasar Susu Bubuk 2012-2025 (Market Size & Growth Trend Analysis)
  38. Riset Persaingan Brand Market Leader Rokok 2005-2025 (Siklus Produksi dan Konsumsi Rokok)
  39. Database Direktori 1.149 Perusahaan Makanan Minuman, Farmasi dan Alkes, serta Bank dan Asuransi
  40. Database Spesifik 221 Proyek Infrastruktur dan Konstruksi 2020-2023
  41. Database Direktori 250 Perusahaan Kabel di Indonesia (Update 2022)
  42. Data Pertumbuhan Sektoral 61 Sektor Usaha Periode 2014-2021
  43. Riset Data Spesifik Penjualan Motor Per Provinsi, Per Brand, Per Segmen 2018-2021 (Pertumbuhan Era Pandemi Covid-19 dan Setelahnya)
  44. Database Direktori 208 Perusahaan Besi dan Baja di Indonesia (Update 2021)
  45. Database Direktori 305 Perusahaan Makanan Minuman (Update 2021)
  46. Outlook 2022, Data Riset 4 Sektor Industri Paling Prospektif
  47. Database Direktori 376 Perusahaan Farmasi dan Kesehatan (Update 2021)
  48. Kajian Tren Produksi 6 Market Leader Industri Butter (Mentega Hewani) 2016-2020 (Outlook Market Demand)
  49. Database Direktori 468 Perusahaan Asuransi, Bank, dan Lembaga Pembiayaan (Update 2021)
  50. Riset Data Market Size Industri Margarin 2016-2022 (Profil Market Leader dan Trend Produksi)
  51. Riset Data Potensi Pasar Kosmetik Skincare 2017-2024 (Trend Pertumbuhan Channel Distribusi)
  52. Riset Data Pemetaan Pasar 7 Market Leader Petrokimia Hulu (Market Demand Produk Petrokimia Hulu 2015-2030)
  53. Kajian Peluang Pertumbuhan Channel Distribusi Produk Farmasi dan Alat Kesehatan 2019-2024 (Momentum Saat Pandemi Melandai)
  54. Riset Data Pertumbuhan Pasar Vitamin dan Suplemen 2016-2024 (Kompetisi Pasar Brand Vitamin)
  55. Kajian Trend Pertumbuhan Industri Biskuit 2012-2025 (Peta Persaingan Kapasitas 15 Produsen Terbesar)
  56. Data Komprehensif Trend Konsumsi Rumput Laut (Seaweed) 2015-2024 (Database 35 Industri Pengolah)
  57. Data Eksklusif Pertumbuhan Pasar Deterjen 2010-2022 (Trend Bahan Baku dan Profil Market Leader)
  58. Riset Data Spesifik Trend Pasar Industri Oli Pelumas 2014-2024 (Trend Pangsa Pasar & Market Leader)
  59. Riset Data Pertumbuhan Pasar 22 Produk Petrokimia 2015-2025 (Trend Kapasitas Lokal & Market Leader)
  60. Market Outlook Frozen Food 2013-2024 (Pertumbuhan Demand dan Segmentasi Produk)
  61. Database Direktori 635 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2021)
  62. Data Trend Harga HRC dan CRC Periode 2016-2021 (Komparasi Harga di China dan Indonesia)
  63. Database Direktori 393 Perusahaan Transportasi dan Telekomunikasi di Indonesia
  64. Database Eksportir dan Buyers Asing Tujuan Ekspor Tembakau (Trend Produksi Rokok 2005-2022)
  65. Market Outlook Pertumbuhan Pasar Semen dan Beton 2017-2022 (Trend Pasar Semasa Pandemi Covid-19)
  66. Database Direktori 231 Perusahaan Hotel, Restoran, dan Café di Indonesia
  67. Database Direktori Distributor Bahan Bangunan di Pulau Jawa (Market Outlook Bahan Bangunan 2015-2024)
  68. Database Direktori Distributor Makanan Minuman di Pulau Jawa-Bali (Market Outlook Consumer Goods 2013-2024)
  69. Riset Data Spesifik Industri Sepeda Bicycle 2016-2024 (Market Growth Segmentation & Market Leader Database)
  70. Database Direktori 5.248 Perusahaan Manufaktur, Energi, Infrastruktur, Konstruksi, dan Pertanian di Indonesia
  71. Database Direktori Spesifik 215 Perusahaan Industri di Jawa Timur (Direktori Khusus Per Daerah)
  72. Database Direktori 368 Perusahaan Industri Permesinan, Aneka Mesin, dan Mesin Listrik
  73. Kajian Pertumbuhan Segmen Pasar Farmasi dan Alat Kesehatan 2016-2024 (Strategi Industri Farmasi 2021)
  74. Market Trend 5 Sektor Penyerap CPO Terbesar 2007-2022 (Database Direktori PIC Perusahaan Pengolah Sawit)
  75. Data Riset Pangsa Pasar Baja Canai Panas atau HRC 2010-2024 (Market Growth Industri Baja)
  76. Database Direktori 641 Perusahaan Telekomunikasi, Informasi Teknologi, serta Komputer dan Peralatannya
  77. Riset Data Spesifik Bahan Material Bangunan 2015-2024 (Tren Pertumbuhan Pasar Pasca Covid-19)
  78. Database Direktori 1.001 Perusahaan Tanaman, Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Industri Kayu
  79. Market Demand Trend CPO 2007-2022 (Database Eksportir dan Buyers Asing Tujuan Ekspor)
  80. Outlook 2021, Riset Data 5 Sektor Paling Prospektif
  81. Database Direktori 2.795 Perusahaan Energi, Infrastruktur, Konstruksi, dan Industri di Indonesia
  82. Data Riset Tren Produksi Komoditas Kopi dan Teh 2008-2022 (Database Buyers Asing Tujuan Ekspor)
  83. Database Direktori 601 Perusahaan Energi, Batubara, Minyak Bumi, dan Pertambangan
  84. Market Outlook Biodiesel 2010-2022 (Trend Produksi dan Kapasitas 38 Produsen Terbesar)
  85. Database Direktori 391 Perusahaan Infrastruktur Pelabuhan, Bandara, Jalan Tol, dan Transportasi
  86. Riset Data Peluang Pasar Makanan Korea 'Kimchi' (Market Share Top 10 Player dan Brand Profile)
  87. Data Eksklusif Pangsa Pasar Produsen Tekstil, Garmen, Fashion (Market Share Serat hingga Garment)
  88. Data Eksklusif Market Growth Industri Tekstil, Garmen, Fashion 2013-2025 (Pangsa Pasar Market Leader Industri Hulu-Hilir)
  89. Database Direktori 448 Perusahaan Bank dan Lembaga Pembiayaan
  90. Market Demand Forecast Sepeda Motor (Bedah Pasar 144 Tipe dan Varian Motor 2010-2025)
  91. Riset Brand Competition Market Leader Rokok 2005-2022 (Trend Produksi dan Konsumsi Rokok)
  92. Direktori Database 460 Perusahaan Investasi dan Reksadana
  93. Market Outlook Consumer Goods di Indonesia 2013-2024 (Market Growth and Channel Distribution Trend)
  94. Riset Data Industri Bumbu Penyedap 2017-2020 (Market Analysis Dua Pasar Ekspor Paling Prospektif)
  95. Market Demand Analysis Obat Generik 2016-2027 (Kajian Pasar Pra dan Pasca Covid-19)
  96. Riset Data Spesifik Industri Frozen Food 2013-2024 (Market Share Top 10 Player Frozen Food Bakso dan Brand Profile)
  97. Database Direktori 418 Perusahaan Konstruksi di Indonesia
  98. Database Direktori Spesifik 202 Perusahaan Rokok di Indonesia (Update 2020)
  99. Market Outlook Industri Tinta Cetak (Printing Ink) 2008-2024 (Market Demand Forecast)
  100. Database Direktori Spesifik 450 Perusahaan Kimia, Petrokimia, dan Plastik (Update 2020)
  101. Riset Data Industri Bumbu dan Bahan Tambahan Pangan 2017-2019 (Market Share Top 5 Player di 4 Kategori)
  102. Database Direktori Spesifik 311 Perusahaan Semen dan Bahan Bangunan (Update 2020)
  103. Database Direktori Spesifik 274 Perusahaan Ritel Modern (Update 2020)
  104. Market Outlook Industri Kosmetik 2014-2024 (Market Growth and Market Segmentation Analysis)
  105. Data Spesifik Market Size Yoghurt 2016-2019 (Top 6 Market Share Leader)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh