Langsung ke konten utama

Market Trend di Industri Pipa Baja di Indonesia

Industri pipa baja merupakan salah satu tulang punggung infrastruktur suatu negara. Untuk mengukur trend pasar, pertumbuhan industri, tingkat konsumsi, Duniaindustri.com memiliki database khusus di sektor industri pipa baja.

Database khusus itu diberi judul Data dan Riset Eksklusif Industri Pipa Baja 2012-2018 (Demand Trends dan Market Leader) menampilkan data terbaru, riset pasar, dan outlook secara komprehensif terkait seluruh informasi mengenai industri pipa baja di Indonesia, didukung tren industri baja secara umum di Indonesia dan global. Khusus untuk industri pipa baja, ditampilkan tren permintaan pipa baja 2012-2019 serta market leader berdasarkan kapasitas terpasang 2007 & 2016.

Data dan Riset Eksklusif Industri Pipa Baja 2012-2018 (Demand Trends dan Market Leader) ini dimulai dengan ringkasan eksklusif pertumbuhan permintaan pipa baja serta perkembangan market leader di Indonesia (halaman 2). Pada halaman 3, ditampilkan tren kebutuhan/konsumsi/permintaan pipa baja secara nasional periode 2012-2016 dibandingkan dengan produksi riil lokal serta impor. Berlanjut pada halaman 3, proyeksi (forecast) kebutuhan/konsumsi/permintaan pipa baja secara nasional periode 2017-2018 dibandingkan dengan produksi riil lokal serta impor.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak daftar isinya seperti dipaparkan berikut ini:

Halaman  Isi
1 Cover muka
2 Highlights executive summary dari riset ini, pertumbuhan majemuk rata-rata tahunan (compound annual growth rate/CAGR) industri pipa baja periode 2012-2018
3 tabel kebutuhan/konsumsi pipa baja, pertumbuhan, produksi riil lokal, dan impor pipa baja periode 2012-2016
4 tabel kebutuhan/konsumsi pipa baja, pertumbuhan, produksi riil lokal, dan impor pipa baja periode 201-2018
5 tabel pie chart pangsa pasar produsen pipa baja berdasarkan kapasitas terpasang tahun 2016
tabel perbandingan kapasitas produksi 14 produsen pipa baja tahun 2007 dan 2016
7. tabel trend harga jual pipa baja dan bahan baku HRC (impor lokal) tahun 2015
8. tabel trend harga jual pipa baja dan bahan baku HRC (impor lokal) tahun 2016
9.  profil salah satu market leader dalam industri pipa baja (mencakup company overview dan struktur pemegang saham)
10.  grafis rekam jejak salah satu market leader di industri pipa baja, dari 1971 sampai 2014
11. grafis peta lokasi pabrik salah satu market leader, unit produksi, dan jenis produk yang dihasilkan
12.  tabel performa penjualan salah satu market leader berdasarkan volume dan jenis produk periode 2013-2016
13.  tabel performa penjualan per bulan salah satu market leader berdasarkan volume dan jenis produk periode 2013-2016
14.  tabel pergerakan harga jual salah satu market leader periode 2012-2015
15. tabel pie chart top supplier bahan baku yang diperoleh salah satu market leader industri pipa baja 2015-2016
16. tabel pie chart top supplier bahan baku yang diperoleh salah satu market leader industri pipa baja 2014-2015
17.  tabel segmentasi penjualan salah satu market leader dari penjualan di sektor konstruksi, migas, otomotif, furnitur
18.  tabel financial highlights salah satu market leader periode 2011-2016
19. tabel financial highlights salah satu market leader periode 2011-2016
20. tabel garis tentang pergerakan harga jual salah satu market leader periode 2012-2015
21.  tabel pergerakan utilisasi kapasitas dari 4 pabrik dari salah satu market leader periode 2014-2016
22.  tabel pergerakan utilisasi kapasitas dari 3 pabrik dari salah satu market leader periode 2014-2016
23.  tabel yield ratio secara bulanan dari salah satu market leader periode 2014-2016
24.  tabel yield ratio secara bulanan dari salah satu market leader periode 2014-2016
25.  tabel rencana ekspansi salah satu market leader berdasarkan segmentasi produk periode 2015-2019 berdasarkan lokasi pabrik
26.  tabel project yang ditangani salah satu market leader periode 2016
27.  tabel project yang ditangani salah satu market leader periode 2016
28. pointers sejarah industri baja di Indonesia sejak Orde Baru hingga saat ini
29.  pointers sejarah industri baja di Indonesia sejak Orde Baru hingga saat ini
30. pointers sejarah industri baja di Indonesia sejak Orde Baru hingga saat ini
31. pointers sejarah industri baja di Indonesia sejak Orde Baru hingga saat ini
32.  bagan struktur industri baja, dari tambang hulu hingga aplikasi di hilir
33.  tabel batang pertumbuhan konsumsi baja di Indonesia periode 2007-2015
34.  tabel komparasi konsumsi dan produksi baja di Indonesia periode 2007-2017
35.  tabel defisit pasokan baja untuk kategori steel finished product periode 2001-2014
36. tabel konsumsi baja per segmen (hulu-hilir) periode 2012-2016
37. tabel konsumsi 6 segmen baja untuk kategori crude and semi finished product
38. tabel market size industri baja periode 2014-2017
39.  tabel utilisasi kapasitas 7 segmen baja di Indonesia periode 2017
40. tabel proyeksi produksi baja dari bahan baku scrap hingga akhir periode 2014-2019
41. tabel batang produksi gap antara produksi dan konsumsi baja di Indonesia periode 2014-2025
42. tabel pie chart pangsa pasar HRC, CRC dan wire rode periode 2015-2015
43. grafis nilai tambah di industri baja
44. pointers tantangan utama di industri baja di Indonesia
45. pointers isu utama di industri baja
46. pointers regulasi utama di industri baja
47. tabel highlights operasional salah satu market leader industri baja secara umum
48. tabel financial highlights salah satu market leader industri baja secara umum
49. tabel pangsa pasar salah satu market leader industri baja secara umum
50. tabel pie chart segmentasi penjualan dan konsumen salah satu market leader industri baja secara umum
51. grafis kurva operasional HRC salah satu market leader industri baja secara umum
52.  tabel garis perkembangan harga baja di pasar global periode 2015-2017
53.  tabel garis perkembangan harga baja di pasar global periode 2015-2017
54.  Tabel trend global permintaan HRC di dunia
55. cover penutup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh