Langsung ke konten utama

Momentum Susun Strategi Bisnis 2025

 Duniaindustri.com (September 2024) -- Iklim usaha di dalam negeri diprediksi bergairah pasca Oktober 2024 setelah pelantikan presiden terpilih, meski masih dibayangi sejumlah tantangan seperti daya beli domestik yang lemah. Dengan harapan susunan kabinet yang lebih mumpuni dan kredibel, pemerintahan baru diharapkan mampu memberikan gairah baru bagi ekonomi domestik pada 2025.

Tim Duniaindustri.com mencermati sejumlah faktor yang dapat menggairahkan ekonomi nasional pasca melambat antara lain insentif baru bagi UMKM dan sektor padat karya, penurunan suku bunga acuan, stimulus untuk peningkatan kapasitas SDM nasional, perluasan KUR dan modal bagi UMKM, serta lainnya. "Sejumlah faktor stimulus ini dapat memberikan dampak multiplier effect yang cukup untuk menggairahkan kembali ekonomi domestik," papar tim Duniaindustri.com.

Karena bagaimanapun, meski tantangan tidak sedikit, pelaku industri mesti mencari peluang baru untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis di kondisi sesulit apa pun.

Untuk mendukung hal itu, Duniaindustri.com sebagai salah satu platform on demand market research secara kontinyu mengupdate digital database yang saat ini mencapai 300 data research dan database direktori di 28 sektor industri. Di sisi lain, Duniaindustri.com mengembangkan fitur baru terkait survei dan market observasi perusahaan industri di Indonesia. Strategi ini dilakukan seiring dengan upaya pengembangan 50.000 database/direktori perusahaan industri di Indonesia. Dan pada akhir 2019, Duniaindustri.com mengembangkan tools atau perangkat yang dapat memonitor ekspor-impor per entitas sebagai salah satu benchmark peta persaingan pasar.

Selain itu, untuk memperkuat basis data metodologi pencarian, penyusunan, pengolahan data, detektif industri juga memperluas sumber database dengan forum group discussion (FGD), market investigation, market observation, monitoring data online, hingga survei lapangan secara berkala. Diharapkan penambahan sumber ini memberikan pelayanan yang terbaik bagi user dari sisi akurasi dan kecepatan pengolahan data.

Metodologi Pencarian Data Spesifik:

[caption id="attachment_14970" align="alignnone" width="1024"]Metodologi research duniaindustri Agustus 2024 Metodologi research startup duniaindustri.com[/caption]

metode detektif industri

Mulai akhir 2019, tim Duniaindustri.com memperluas cakupan metodologi dan teknik pengumpulan, penelusuran, dan pengolahan data, analisis, kajian independen, serta riset data spesifik dengan 12 komponen utama, yakni:

1. Survei lapangan
2. Kuesioner
3. Market comprehensive database (regulatory source)
4. Market intelligence database (leading player data)
5. Historical database
6. Factory observation
7. Market investigation
8. Time frame monitoring data
9. Probability and sensitivity market forecast
10. Third party data compilation (networking database)
11. Literature colaboration
12. Big data processor

[caption id="attachment_9797" align="alignnone" width="353"]metodologi big data duniaindustri.com metodologi big data duniaindustri.com[/caption]

Pada 2020, Duniaindustri.com sebagai startup big data dan market research mempeluas coverage sumber dengan berbasis database ekspor impor (exim) yang menjangkau 10.826 pos tarif produk HS code dan 25.400 direktori perusahaan customize. Diharapkan kolaborasi sumber tersebut ditambah metode survei dan kuesioner dapat menjadi referensi andalan bagi riset pasar di Indonesia.

Saat ini duniaindustri.com menghimpun lebih dari 1.000 ukm dan lebih dari 10.000 basis user baik secara perorangan maupun perusahaan, serta industrial agent dari 10 negara di dunia, seperti Korea Selatan, Jepang, Eropa, Dubai.

Indeks Data Industri yang bisa didownload: (300 Database Research Spesifik per September 2024) -- Silakan diklik per data untuk penjelasan lebih lanjut:

    1. Database Direktori 150 Perusahaan Elektronik di Indonesia (Update 2024)
    2. Database Direktori 235 Perusahaan Otomotif Motor, Mobil, dan Komponen di Indonesia
    3. Database direktori 161 perusahaan otomotif mobil, karoseri, alat berat di Indonesia
    4. Database Direktori 3.195 Perusahaan di 10 Sektor Industri (Update Juli 2024)
    5. Riset Pertumbuhan Pasar Baja Galvanized Iron 2018-2031 (Market Share, Top Producer, dan Outlook Pasar)
    6. Database Direktori 385 Perusahaan Farmasi dan Kesehatan (Update 2024)
    7. Database Direktori 150 Perusahaan Bahan dan Material Konstruksi (Update 2024)
    8. Data Research Pertumbuhan Pasar Baja Galvalume 2018-2031 (Outlook Pertumbuhan Pasar dan Market Share)
    9. Database Direktori 120 Perusahaan Konstruksi, Kontraktor, dan Rental Alat Berat (Hasil Survei Random)
    10. Market Outlook Mobil Listrik BEV 2022-2025 (Kajian Market Share 7 Top Players)
    11. Riset Data Pertumbuhan Pasar Motor Listrik 2022-2025 (Market Share dan Profil 7 Top Players)
    12. Market Demand Research Kendaraan Listrik 2022-2025 (Growth Size dan Market Share Top Players)
    13. Data Potensi Proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) 2022-2024
    14. Laporan Analisis Brand Awareness dan Brand Monitoring Restoran Bebek Goreng
    15. Database Direktori Spesifik 333 Perusahaan Konstruksi dan Bahan Material Bangunan (Update 2024)
    16. Riset Pertumbuhan Pasar Beton Readymix 2022-2028 (Outlook Pangsa Pasar 8 Market Leader)
    17. Market Outlook Industri Beton Pracetak 2008-2028 (Trend Pangsa Pasar Market Leader)
    18. Riset Pertumbuhan Pasar Industri Besi Beton 2022-2028 (Pangsa Pasar 16 Produsen Terbesar)
    19. Market Outlook CRC 2018-2031 (Pemetaan Top Produsen dan Konsumen Berdasarkan Ketebalan dan Lebar)
    20. Database Direktori 640 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2023)
    21. Riset Data Pertumbuhan Pasar Tepung Bumbu dan Bumbu Penyedap 2017-2023 (Pangsa Pasar Top 5 Market Leader)
    22. Riset Data Pertumbuhan Pasar Pipa Baja ERW di Indonesia 2017-2030
    23. Database Distributor Industri Makanan Minuman di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali (Update 2023)
    24. Data Spesifik Pangsa Pasar Industri Frozen Food Kategori Bakso (Trend Pertumbuhan Pasar 2013-2024)
    25. Market Outlook Industri Farmasi dan Alat Kesehatan 2020-2025 (Mengurai Pertumbuhan Segmen Pasar dan Strategi Market Leader)
    26. Kajian Potensi Pasar Kosmetik Skincare 2022-2024
    27. Data Potensi Penjualan Sepeda Motor Per Varian Produk Per Tipe 2022-2025
    28. Database Direktori 153 Rumah Sakit (Kombinasi Direktori RS Pemerintah dan Swasta)
    29. Data Eksklusif Pertumbuhan Pasar Industri Cat 2015-2025 (Pangsa Pasar dan Market Leader Database)
    30. Kajian Pertumbuhan Produk Farmasi, Obat dan Alat Kesehatan 2021-2024
    31. Riset Data dan Outlook Industri Consumer Goods 2021-2024 (Analisis Market Growth Trend)
    32. Database Importir Baja Ringan di Indonesia dan Direktori Per Perusahaan
    33. Riset Data Spesifik Market Share dan Pertumbuhan Pasar Industri Ragi Instan
    34. Market Research Report Monitoring Harga Jual Garmen Segment Khusus
    35. Data Riset Pangsa Pasar Produsen Baja HRC dan CRC di Indonesia
    36. Data Neraca Supply Demand 26 Produk Petrokimia 2022-2023
    37. Data Market Share Para Pemain Industri Semen 2014-2023 (Data Historis dan Persaingan Pasar)
    38. Riset Data Industri Bumbu dan Bahan Tambahan Pangan 2017-2023 (Market Share Top 5 Player di 5 Kategori)
    39. Database Eksportir dan Buyers Asing Komoditas Kopi dan Produk Turunannya
    40. Market Demand Outlook Industri Margarin 2016-2027 (Pemetaan Pangsa Pasar dan Profil Market Leader)
    41. Database Direktori 331 Perusahaan Besi Baja Hulu dan Hilir di Indonesia (Update 2022)
    42. Kajian Potensi Populasi Pasar Sepeda Motor di Jawa Timur (Trend Populasi Motor di 38 Kabupaten Kota Jatim 2019-2021 Per Brand, Per Tipe, Per CC, Per Varian)
    43. Riset Data Pertumbuhan Produk Farmasi dan Alat Kesehatan 2019-2024 (Tiga Skenario Dampak Kenaikan Harga BBM)
    44. Market Demand Research Ring Jantung di Indonesia 2018-2022 (Market Leader Analysis)
    45. Kajian Pertumbuhan Pasar Industri Kecap 2017-2025 (Market Share Top 6 Biggest Player)
    46. Data Research Market Share Pemimpin Pasar Pupuk NPK (Trend Pertumbuhan Demand 2017-2025)
    47. Riset Data Pertumbuhan Pasar Pupuk per Segmen 2017-2025 (Profil Market Leader)
    48. Database Direktori Perusahaan Distributor Makanan Minuman (Market Outlook Consumer Goods 2013-2024)
    49. Kajian Pertumbuhan Pasar Susu Bubuk 2012-2025 (Market Size & Growth Trend Analysis)
    50. Riset Persaingan Brand Market Leader Rokok 2005-2025 (Siklus Produksi dan Konsumsi Rokok)
    51. Database Direktori 1.149 Perusahaan Makanan Minuman, Farmasi dan Alkes, serta Bank dan Asuransi
    52. Database Spesifik 221 Proyek Infrastruktur dan Konstruksi 2020-2023
    53. Database Direktori 250 Perusahaan Kabel di Indonesia (Update 2022)
    54. Data Pertumbuhan Sektoral 61 Sektor Usaha Periode 2014-2021
    55. Riset Data Spesifik Penjualan Motor Per Provinsi, Per Brand, Per Segmen 2018-2021 (Pertumbuhan Era Pandemi Covid-19 dan Setelahnya)
    56. Database Direktori 208 Perusahaan Besi dan Baja di Indonesia (Update 2021)
    57. Database Direktori 305 Perusahaan Makanan Minuman (Update 2021)
    58. Outlook 2022, Data Riset 4 Sektor Industri Paling Prospektif
    59. Database Direktori 376 Perusahaan Farmasi dan Kesehatan (Update 2021)
    60. Kajian Tren Produksi 6 Market Leader Industri Butter (Mentega Hewani) 2016-2020 (Outlook Market Demand)
    61. Database Direktori 468 Perusahaan Asuransi, Bank, dan Lembaga Pembiayaan (Update 2021)
    62. Riset Data Market Size Industri Margarin 2016-2022 (Profil Market Leader dan Trend Produksi)
    63. Riset Data Potensi Pasar Kosmetik Skincare 2017-2024 (Trend Pertumbuhan Channel Distribusi)
    64. Riset Data Pemetaan Pasar 7 Market Leader Petrokimia Hulu (Market Demand Produk Petrokimia Hulu 2015-2030)
    65. Kajian Peluang Pertumbuhan Channel Distribusi Produk Farmasi dan Alat Kesehatan 2019-2024 (Momentum Saat Pandemi Melandai)
    66. Riset Data Pertumbuhan Pasar Vitamin dan Suplemen 2016-2024 (Kompetisi Pasar Brand Vitamin)
    67. Kajian Trend Pertumbuhan Industri Biskuit 2012-2025 (Peta Persaingan Kapasitas 15 Produsen Terbesar)
    68. Data Komprehensif Trend Konsumsi Rumput Laut (Seaweed) 2015-2024 (Database 35 Industri Pengolah)
    69. Data Eksklusif Pertumbuhan Pasar Deterjen 2010-2022 (Trend Bahan Baku dan Profil Market Leader)
    70. Riset Data Spesifik Trend Pasar Industri Oli Pelumas 2014-2024 (Trend Pangsa Pasar & Market Leader)
    71. Riset Data Pertumbuhan Pasar 22 Produk Petrokimia 2015-2025 (Trend Kapasitas Lokal & Market Leader)
    72. Market Outlook Frozen Food 2013-2024 (Pertumbuhan Demand dan Segmentasi Produk)
    73. Database Direktori 635 Perusahaan Minyak Bumi, Gas, Energi, dan Pertambangan (Update 2021)
    74. Data Trend Harga HRC dan CRC Periode 2016-2021 (Komparasi Harga di China dan Indonesia)
    75. Database Direktori 393 Perusahaan Transportasi dan Telekomunikasi di Indonesia
    76. Database Eksportir dan Buyers Asing Tujuan Ekspor Tembakau (Trend Produksi Rokok 2005-2022)
    77. Market Outlook Pertumbuhan Pasar Semen dan Beton 2017-2022 (Trend Pasar Semasa Pandemi Covid-19)
    78. Database Direktori 231 Perusahaan Hotel, Restoran, dan Café di Indonesia
    79. Database Direktori Distributor Bahan Bangunan di Pulau Jawa (Market Outlook Bahan Bangunan 2015-2024)
    80. Database Direktori Distributor Makanan Minuman di Pulau Jawa-Bali (Market Outlook Consumer Goods 2013-2024)
    81. Riset Data Spesifik Industri Sepeda Bicycle 2016-2024 (Market Growth Segmentation & Market Leader Database)
    82. Database Direktori 5.248 Perusahaan Manufaktur, Energi, Infrastruktur, Konstruksi, dan Pertanian di Indonesia
    83. Database Direktori Spesifik 215 Perusahaan Industri di Jawa Timur (Direktori Khusus Per Daerah)
    84. Database Direktori 368 Perusahaan Industri Permesinan, Aneka Mesin, dan Mesin Listrik
    85. Kajian Pertumbuhan Segmen Pasar Farmasi dan Alat Kesehatan 2016-2024 (Strategi Industri Farmasi 2021)
    86. Market Trend 5 Sektor Penyerap CPO Terbesar 2007-2022 (Database Direktori PIC Perusahaan Pengolah Sawit)
    87. Data Riset Pangsa Pasar Baja Canai Panas atau HRC 2010-2024 (Market Growth Industri Baja)
    88. Database Direktori 641 Perusahaan Telekomunikasi, Informasi Teknologi, serta Komputer dan Peralatannya
    89. Riset Data Spesifik Bahan Material Bangunan 2015-2024 (Tren Pertumbuhan Pasar Pasca Covid-19)
    90. Database Direktori 1.001 Perusahaan Tanaman, Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Industri Kayu
    91. Market Demand Trend CPO 2007-2022 (Database Eksportir dan Buyers Asing Tujuan Ekspor)
    92. Outlook 2021, Riset Data 5 Sektor Paling Prospektif
    93. Database Direktori 2.795 Perusahaan Energi, Infrastruktur, Konstruksi, dan Industri di Indonesia
    94. Data Riset Tren Produksi Komoditas Kopi dan Teh 2008-2022 (Database Buyers Asing Tujuan Ekspor)
    95. Database Direktori 601 Perusahaan Energi, Batubara, Minyak Bumi, dan Pertambangan
    96. Market Outlook Biodiesel 2010-2022 (Trend Produksi dan Kapasitas 38 Produsen Terbesar)
    97. Database Direktori 391 Perusahaan Infrastruktur Pelabuhan, Bandara, Jalan Tol, dan Transportasi
    98. Riset Data Peluang Pasar Makanan Korea 'Kimchi' (Market Share Top 10 Player dan Brand Profile)
    99. Data Eksklusif Pangsa Pasar Produsen Tekstil, Garmen, Fashion (Market Share Serat hingga Garment)
    100. Data Eksklusif Market Growth Industri Tekstil, Garmen, Fashion 2013-2025 (Pangsa Pasar Market Leader Industri Hulu-Hilir)
    101. Database Direktori 448 Perusahaan Bank dan Lembaga Pembiayaan
    102. Market Demand Forecast Sepeda Motor (Bedah Pasar 144 Tipe dan Varian Motor 2010-2025)
    103. Riset Brand Competition Market Leader Rokok 2005-2022 (Trend Produksi dan Konsumsi Rokok)
    104. Direktori Database 460 Perusahaan Investasi dan Reksadana

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc

Data Perkembangan Jumlah UKM dan Sebaran Per Provinsi

Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dirilis pada pertengahan Juli 2018 menampilkan data komprehensif, serta tren pertumbuhan jumlah dan sebaran industri kecil (usaha kecil menengah dan mikro/UMKM) di Indonesia. Pembahasan dilakukan secara detail mulai dari   tren pertumbuhan   jumlah, porsi terhadap ekonomi, komparasi dengan kondisi di negara tetangga, serta tren produksi dan ekspor industri kecil di Indonesia. Data Komprehensif Perkembangan Industri Kecil & UsahaBesar 2016-2017 (Sebaran UKM Per Sektor & Per Daerah)   ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2 dan 3). Dilanjutkan dengan   outlook dan prospek bisnis   2018 mengacu pada target pertumbuhan ekonomi pemerintah di 2018 di halaman 4. Kontribusi UMKM terhadap industri nasional di Indonesia dikomparasi dengan kondisi di sejumlah negara seperti Filipina, Vietnam, dan Bra

50% dari Pemimpin Pasar Consumer Goods Dipegang Merk Lokal

Merek lokal berhasil membangun kehadiran yang lebih kuat dalam persaingan industri barang konsumen (consumer goods), ketika  50% dari 10 merek pemimpin pasar  teratas berasal dari produsen lokal. Meski demikian, ke depan diperkirakan persaingan makin ketat sehingga pemimpin pasar harus lebih kreatif untuk memasarkannya agar tetap menempati peringkat sepuluh besar. Hal itu terungkap dalam hasil Survei Kantar tahun 2019. “ Hasil survei  mewakili 85% dari total rumah tangga kota-kota besar di Indonesia,” kata Marketing Director Kantar, Fanny Muharyati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (21/6). Fanny menjelaskan  survei brand “footprint”  merupakan studi tahunan Kantar untuk  mengukur merek  apa saja yang paling sering dibeli konsumen, sehingga menjadi pemimpin pasar. “Studi ini meliputi jumlah pembelian (penetrasi pasar) dan berapa sering produk dibeli. Produk yang disurvei meliputi sektor fast ‘moving consumer goods’ seperti makanan, minuman, perawatan rumah, produk keseh