Langsung ke konten utama

Mencermati Berbagai Tantangan Ekonomi di Tahun Politik

 Duniaindustri.com (Maret 2023) – Mendekati tahun politik seiring pemilihan presiden di 2024, tantangan ekonomi diprediksi makin dinamis, tanpa mengesampingkan peluang yang mungkin muncul di sisi bisnis. Sejumlah ekonom mencermati sentimen inflasi hingga volatilitas harga pangan yang perlu diperhatikan secara khusus.



Prof. Bustanul Arifin, Ekonom Senior INDEF, menjelaskan pertumbuhan sektor pertanian masih tergolong rendah. Sektor pertanian meningkat, namun angka kemiskinan masih tetap tinggi. “Laju inflasi Indonesia sudah dapat terkendali dengan baik. Namun, harga gabah masih tinggi dan yang dikhawatirkan impor masuk pada saat musim panen,” paparnya, kemarin.

Yang menarik, lanjut dia, pangsa PDB menurun, pangsa ekonomi beras juga turun. Tantangannya spesifik, misalnya harga pupuk tinggi. “Panen raya diperkirakan pada Maret 2023. Luas panen padi diperkirakan meningkat, namun pola produksi masih mengandalkan musim karena belum ada teknologi yang mampu meciptakan rasa aman di berbagai musim,” ujarnya.

Menurut dia, stok beras di Bulog rendah pada Februari 2023 sehingga kebijakan impor diterapkan. Stok rendah karena Bulog membeli dari petani dalam angka yang rendah karena harga tinggi.

“Harga produk hortikultura yang fluktuatif sehingga ini yang harus menjadi fokus di tahun politik ini. Perlu ada langkah strategis perubahan kebijakan pangan mencakup penguatan/restrukturisasi kelembagaan pangan, peningkatan peran sektor dan swasta, perluasan cadangan beras pemerintah, peningkatan kualitas gizi, hingga percepatan penganekaragaman pangan berbasis kearifan lokal,” jelasnya.

Sementara itu, Iman Sugema, Ekonom Senior INDEF, menambahkan Indonesia karena masuk tahun pemilu, demand uang kartal akan tinggi karena transaksi politik dilakukan secara cash. “Ini merupakan dilema, di satu sisi kita tidak bisa terlalu sembrono untuk melonggarkan likuiditas, tapi di sisi lain transaksi tahun politik membutuhkan likuiditas yang lebih longgar. Kita harus cari solusi melonggarkan likuiditas tanpa harus menurunkan suku bunga,” paparnya.

Dia menilai, di tahun pemilu terutama tiga bulan sebelum menjelang hari H, uang-uang yang beredar di luar negeri akan masuk ke Indonesia. “Financing politic is part of the game, maka dari itu demand untuk rupiah akan menjadi lebih tinggi karena mereka harus memplot uang mereka dari luar ke dalam dan itu akan menyebabkan kita harus membuka kran agar mereka bisa mengkonversi mata uang asing ke mata uang rupiah. Kita harus memaksimalkan uang masuk tersebut, tetapi masalahnya adalah ini uang ilegal,” katanya.(*/tim redaksi 09/Safarudin/indra)

Mari Simak Coverage Riset Data Spesifik Duniaindustri.com:

Market database
Manufacturing data
Market research data
Market leader data
Market investigation
Market observation
Market intelligence
Monitoring data
Market Survey/Company Survey
Multisource compilation data
Market domestic data
Market export data
Market impor data
Market directory database
Competitor profilling
Market distribution data
Company database/directory
Mapping competition trend
Profiling competitor strategy
Market data analysist
Historical data
Time series data
Tabulation data
Factory directory database
Market segmentation data
Market entry strategy analysist
Big data processor
Financial Modeling/Feasibility Study
Price trend analysist
Data business intelligence
Customized Direktori Database

* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 263 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider (branding online), klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini

Database Riset Data Spesifik Lainnya:

  • Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 263 database, klik di sini
  • Butuh 25 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
  • Butuh 18 Kumpulan Riset Data Kelapa Sawit, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Semen dan Beton, klik di sini
  • Butuh 11 Kumpulan Riset Data Baja, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Transportasi dan Infrastruktur, klik di sini
  • Butuh 17 Kumpulan Data Makanan dan Minuman, klik di sini
  • Butuh 6 Kumpulan Market Analysis Industri Kimia, klik di sini
  • Butuh 3 Kumpulan Data Persaingan Pasar Kosmetik, klik di sini
  • Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
  • Butuh copywriter specialist, klik di sini
  • Butuh content provider (online branding), klik di sini
  • Butuh market report dan market research, klik di sini
  • Butuh perusahaan konsultan marketing dan penjualan, klik di sini
  • Butuh menjaring konsumen korporasi dengan fitur customize direktori database perusahaan, klik di sini

Duniaindustri Line Up:

detektif industri pencarian data spesifik

[caption id="attachment_9784" align="alignnone" width="336"] Market Outlook Consumer Goods di Indonesia 2013-2024 (Market Growth and Channel Distribution Trend)[/caption][caption id="attachment_9749" align="alignnone" width="342"]Riset Data Spesifik Industri Frozen Food 2013-2024 (Market Share Top 10 Player Frozen Food Bakso dan Brand Profile) Riset Data Spesifik Industri Frozen Food 2013-2024 (Market Share Top 10 Player Frozen Food Bakso dan Brand Profile)[/caption]

Portofolio lainnya:

[caption id="attachment_9118" align="alignnone" width="523"] Buku "Rahasia Sukses Marketing, Direktori 2.552 Perusahaan Industri"[/caption]

Atau simak video berikut ini:

https://youtu.be/wAxS2LsxU2U

Contoh testimoni hasil survei daerah:

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database Lengkap Industri Perikanan, Hasil Laut, dan Olahannya

Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dirilis pada minggu pertama Februari 2018 menampilkan data komprehensif, tren perkembangan, infografis menarik , terkait industri perikanan dan hasil laut (rumput laut, ikan surimi, udang, tuna tongkol cakalang, kepiting & rajungan, cumi & gurita). Diperkuat dengan tren produksi, sebaran lokasi, serta nama produsen, data komprehensif ini diharapkan dapat memperkaya database persaingan pasar guna menentukan arah strategi bisnis ke depan. Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2-4). Dengan dukungan jumlah penduduk yang besar, pasar industri perikanan dan hasil laut cukup prospektif dan atraktif baik untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor. Pada halaman 5, ditampilkan tabel tren perkembangan konsumsi

Tren Nilai Pasar Industri Detergent di Indonesia

Nilai pasar (market size) industri deterjen di Indonesia diestimasi tumbuh 3,5% menjadi Rp 10,11 triliun pada 2016 dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 9,77 triliun, menurut riset duniaindustri.com . Momentum perbaikan perekonomian Indonesia dan daya beli konsumen akan menopang pertumbuhan market size industri deterjen tahun ini. Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan market size industri deterjen cukup fluktuatif. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada 2014 sebesar 6% menjadi Rp 9,54 triliun. Namun, perlambatan perekonomian nasional, depresiasi kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, serta kejatuhan harga komoditas dunia ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan industri deterjen pada 2015. Tahun lalu, market size industri deterjen diperkirakan tumbuh melambat menjadi 2,5%. Tiga raksasa consumer goods di Indonesia, yakni Wings Group, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Kao Indonesia, makin ketat bersaing di pasar deterjen di indonesia. Berdasarkan penelusur

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc