Langsung ke konten utama

Startup Big Data Dibekali 261 Data Research Spesifik Per Sektor Industri

 Duniaindustri.com merupakan start-up (perusahaan rintisan) yang fokus di sektor industri di Indonesia (platform riset data di segmen industri). Dengan peningkatan kapabilitas dan jumlah tim, Duniaindustri.com bertransformasi menjadi Indonesia Industrial Total Solution. Kini Duniaindustri.com dilengkapi dengan tim jurnalis, analis, buzzer, digital marketer, super programmer, digital desainer, field survey, consultant, dan data scientist yang menunjang performance secara menyeluruh. Dengan tagline Pionir Berita dan Komunitas Industri, Duniaindustri.com hadir dengan visi memajukan sektor industri dan pelaku usaha di Indonesia. Duniaindustri.com berkembang secara independen dengan menjunjung tinggi kepercayaan dan kenyamanan pengguna.


Duniaindustri.com berdiri sejak 2011 didukung dengan tim kreatif dan inovatif guna menjawab tantangan masa depan. Inovasi tiada henti merupakan salah satu motto Duniaindustri.com dengan pengembangan sejumlah fitur terbaru. Sejak 2011, member kami terus bertambah sejalan dengan penetrasi pasar yang efektif dan terarah. Dalam hal database spesifik, terdapat lebih dari 261 data industri khusus dengan didukung data provider andal di seluruh sektor industri.

Duniaindustri.com sebagai startup big data dan market research mempeluas coverage sumber dengan berbasis database ekspor impor (exim) yang menjangkau 10.826 pos tarif produk HS code dan 19.791 direktori perusahaan customize. Diharapkan kolaborasi sumber tersebut ditambah metode survei dan kuesioner dapat menjadi referensi andalan bagi riset pasar di Indonesia.

Duniaindustri.com telah menangani puluhan proyek data hingga riset persaingan pasar dari perusahaan kecil, menengah, besar di Indonesia, terutama dari Jakarta, Bogor, Cikarang, Bandung, Yogya, Surabaya, Sidoarjo, Palembang, Palu, Bali, dan daerah lainnya, bahkan dari India dan China. Per awal April 2017, detektif industri juga dilengkapi tools (instrumen analisis) untuk melakukan market intelligence (competitor intelligence) dengan lebih terukur, komprehensif, dan berkesinambungan. Duniaindustri.com juga memperluas coverage basis data dan database spesifik guna menangkap seluruh aktivitas industri di seluruh sektor usaha di Indonesia. Database tersedia dalam bentuk data mentah (raw data) dalam format excel, zip, power point, pdf ataupun data olahan.

Saat ini Duniaindustri.com menghimpun lebih dari 1.000 UKM, 500 industri skala besar di Indonesia, dan lebih dari 10.000 basis konsumen, serta industrial agent dari 10 negara seperti Korea Selatan, Jepang, Eropa, Amerika Serikat, Timur Tengah. Duniaindustri.com juga memiliki basis data industri terlengkap, mulai dari direktori bisnis, kapasitas produksi, utilisasi, jumlah tenaga kerja, hingga target pasar (ekspor maupun domestik) dari seluruh industri manufaktur di Indonesia, mencakup sektor consumer goods, perkebunan, pengolahan sumber daya alam (SDA), dan lainnya. Sektor industri lain seperti perdagangan, jasa, kehutanan, perbankan, properti, konstruksi, dan infrastruktur.

Pada awal 2019, Duniaindustri.com menerapkan strategi scale up (pengembangan ukuran bisnis) dengan upaya penambahan tim internal hingga 50 orang di berbagai daerah di Indonesia. Duniaindustri.com, startup segmen khusus industri, juga sedang mengembangkan big data database 15.000 perusahaan industri (pengolahan/manufaktur) di Indonesia. Seiring tren permintaan big data yang makin meningkat, Duniaindustri.com terus bertransformasi menjadi startup big data, riset pasar, company survey terkemuka di Indonesia.

Jumlah big data database ataupun direktori dengan target 50.000 perusahaan industri akan terus diupdate dan menjadi salah satu fitur terbaru dan andalan dari Duniaindustri.com. Dari jumlah itu, big data direktori perusahaan tersebut mencakup 50 sektor industri dan terus bertambah.

Untuk mempercepat akselerasi pertumbuhan dan menghadapi tantangan ke depan, Duniaindustri.com menunjuk tim pengelola untuk mengoperasikan start-up ini, yakni:

Andryanto Suwismo (executive Duniaindustri.com)


Jurnalis lulusan dari Universitas Negeri Jakarta ini memutuskan terjun di dunia industri dan investasi. Dengan background dunia jurnalis (Investor Daily dan Indonesia Finance Today) serta Ketua Forum Wartawan Industri (Forwin) 2010-2012, ditambah lagi lama berkecimpung di sektor industri dan pasar modal, hal itu dirasa cukup untuk memulai startup baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.


Suci Widianingsih (Corporate Secretary Duniaindustri.com)

Penulis buku best seller “Tutorial Mainan Kardus”

Instagram: uchywidya (followers: 27,8 k/ribu)


Redaktur Eksekutif: Zaky Al Hamzah

Tim Penulis:

Andriyansyah Achamd (writer)

Fira Diamanta Putri (writer)

Fadel Muhammad (writer)

Indra Prasodjo (writer)

Danang Fajar P (writer)

Research Project Manager:

Asep Andri Atno

Agung

Tim Riset Duniaindustri.com:

Andryanto Suwismo

Suci Widianingsih

Fira Diamanta Putri

Fadel Muhammad

Indra Prasodjo

Danang Fajar P

Tim survei lapangan/competitor intelligence/Company survey:

Asep Andri Atno

Fadel S Muhammad

Indra Prasodjo

Eka Sari Almasyanti

Raka Pudjianto

Hanna Pratiwi

Yudho M

Ganda Sumirat (Bekasi-Cikarang)

Rio Komala (Bandung)

Dedi Andrian (Yogyakarta)

Dewi Nurastuti (Surabaya)

Wawan K (Yogyakarta)

M Ridho (Jawa Tengah)

Budi Siswanto (Lampung)

Nia M (Kalimantan)

Hendi Subrata (Sukabumi)

Special Task Force:

Aura rasyiqa

Rivalda

Daffa Zufar Athollah

Fajar Kusumo

An Nisaa’ Fitri

Belva

Anisha Rachmawati

Alifia Riski

Shidqi Fikri Zaidan

Hidayatul

Siti Fatimah

Siti Zaila

Muhammad Ardiansyah

Irma Lutfiani

Jihad Setiawan Putra


Tim Support Social Media:

Indra Prasodjo

Nanda Herawati

Graphic Design:

Adwy Prasetya (Designer of the year 2014)

Kontributor:

Safarudin Gunawan (Wilayah Provinsi Banten)

Baron HZ (Kontributor Serang-Cilegon)

Siti Medina (Kalimantan)

Yusnizar (Aceh)

Indah Irfani (Surabaya)

Yeti Andriani (Medan)

Poppy Hartaty (Makassar)

Winda Yolanda Putri (Padang)

Puput Putro (Bali)

Yuyun Ningsih (Jambi)

Disa Ayu Fredya (Solo)


Marketing Iklan:

Asep Andri Atno

Eka Sari Almasyanti

Hana Pratiwi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database Lengkap Industri Perikanan, Hasil Laut, dan Olahannya

Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dirilis pada minggu pertama Februari 2018 menampilkan data komprehensif, tren perkembangan, infografis menarik , terkait industri perikanan dan hasil laut (rumput laut, ikan surimi, udang, tuna tongkol cakalang, kepiting & rajungan, cumi & gurita). Diperkuat dengan tren produksi, sebaran lokasi, serta nama produsen, data komprehensif ini diharapkan dapat memperkaya database persaingan pasar guna menentukan arah strategi bisnis ke depan. Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2-4). Dengan dukungan jumlah penduduk yang besar, pasar industri perikanan dan hasil laut cukup prospektif dan atraktif baik untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor. Pada halaman 5, ditampilkan tabel tren perkembangan konsumsi

Tren Nilai Pasar Industri Detergent di Indonesia

Nilai pasar (market size) industri deterjen di Indonesia diestimasi tumbuh 3,5% menjadi Rp 10,11 triliun pada 2016 dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 9,77 triliun, menurut riset duniaindustri.com . Momentum perbaikan perekonomian Indonesia dan daya beli konsumen akan menopang pertumbuhan market size industri deterjen tahun ini. Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan market size industri deterjen cukup fluktuatif. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada 2014 sebesar 6% menjadi Rp 9,54 triliun. Namun, perlambatan perekonomian nasional, depresiasi kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, serta kejatuhan harga komoditas dunia ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan industri deterjen pada 2015. Tahun lalu, market size industri deterjen diperkirakan tumbuh melambat menjadi 2,5%. Tiga raksasa consumer goods di Indonesia, yakni Wings Group, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Kao Indonesia, makin ketat bersaing di pasar deterjen di indonesia. Berdasarkan penelusur

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc