Langsung ke konten utama

Simak Trend Penjualan Semen Terbaru

Penjualan semen secara nasional tercatat turun 3,68% menjadi 25,75 juta ton pada periode Januari-Mei 2019 dibanding periode yang sama 2018 sebesar 26,73 juta ton. Kontraksi penurunan pasar di Pulau Jawa dan Sumatera ikut mendorong pelemahan penjualan secara nasional.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) yang diperoleh tim Duniaindustri.com, penjualan semen di Pulau Jawa pada periode lima bulan 2019 turun 4,49% menjadi 14,4 juta ton dibanding periode yang sama 2018 sebesar 15,08 juta ton. Penurunan pasar di DKI Jakarta (-15,4%), Jawa Tengah (-13,26%), dan Jawa Timur (-6,13%) menjadi pemicu kontraksi penjualan di Pulau Jawa. Sementara kenaikan tajam pasar semen di Yogyakarta (+46,62%) belum mampu mengimbangi penurunan pasar di tiga provinsi utama di Pulau Jawa tersebut.

Di sisi lain, pasar semen di Sumatera turun 7,73% dari 5,77 juta ton menjadi 5,32 juta ton. Pasar semen di Kalimantan juga turun 1,75% menjadi 1,71 juta ton dari sebelumnya 1,74 juta ton.
Penjualan semen pada bulan Mei 2019 diketahui menunjukkan penurunan pasar yang lebih besar dibanding bulan sebelumnya. Jika pada bulan April 2019 penurunan pasar tercatat 8,65%, penjualan semen pada Mei 2019 anjlok 9,16%. Hal itu menandakan realisasi proyek infrastruktur pemerintah dan pembangunan sektor properti masih belum berjalan seperti yang diharapkan.

Dampak dari gelaran pemilu 2019, efek Lebaran, dan perlambatan ekonomi ikut mempengaruhi penjualan semen, menurut analisis Duniaindustri.com. Yang menarik, ekspor juga tidak mampu menjadi tumpuan saat pasar lokal melemah. Terbukti, pada bulan Mei 2019, ekspor semen justru anjlok 64,4% secara tahunan, sementara ekspor klinker turun 5,9%.

Sementara itu, Asosiasi Semen Indonesia (ASI) mengkoreksi target pertumbuhan penjualan semen nasional tahun ini menjadi hanya 2%, dari target yang ditetapkan sebelumnya sebesar 3%-4%. Penjualan semen 2019 diprediksi tidak akan sebagus tahun lalu, yang masih bisa tumbuh sebesar 4,5%.

Di sisi lain, meski terjadi kelebihan pasokan (oversupply) semen di pasar domestik, raksasa dari China tampaknya belum berhenti untuk melakukan ekspansi kapasitas baru. Informasi yang diperoleh Duniaindustri.com menyebutkan Grup Conch Cement secara proaktif mendorong pembangunan proyek di luar negeri.

Berdasarkan pengamatan tim duniaindustri.com, dua market leader existing yakni PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP) tidak henti-hentinya melakukan ekspansi untuk memperkuat genggaman pasar. Sementara market leader new comers yakni PT Conch Cement Indonesia juga tercatat paling agresif di antara pemain baru lainnya.

Ekspansi Conch Cement di luar negeri itu mencakup tiga proyek di Indonesia, yakni Merak (Banten), Sulawesi Utara, dan Papua. Tahap kedua dari proyek pabrik penggilingan (grinding mills) di Merak, Banten, telah selesai konstruksi dan segera dimasukkan ke dalam produksi. Sementara itu, konstruksi utama untuk proyek-proyek semen Keong Sulawesi Utara telah selesai dan diperkirakan proyek ini akan dioperasikan pada 2018.

Manajer Umum PT Conch South Kalimantan Cement, Yu Shui, mengatakan, pihaknya yakin bisa bersaing dan memenuhi kebutuhan semen di Kalimantan. “Kami harap dengan hadirnya semen Conch bisa mendukung pembangunan di Kabupaten Paser. Serta bisa memenuhi kebutuhan semen yang terus mengalami peningkatan,” kata Yu Shui.

Dengan kapasitas produksi 1,5 juta ton per tahun dan akan terus ditingkatkan dengan pembangunan beberapa pabrik lain, kata Yu Shui, Conch Group dipastikan menambah persaingan usaha semen di Indonesia. “Kami tengah membangun pabrik dengan kapasitas 3 juta ton per tahun di Manokwari, Papua Barat dan di area Pelabuhan Merak, Banten,” kata Yu Shui pada Kaltim Post.

Seperti diberitakan, setelah sukses melakukan proses produksi, perusahaan semen asal Tiongkok PT Conch South Kalimantan Cement yang berada di Desa Saradang, Tanjung Tabalong, Kalsel mulai melirik pasar Kaltim sebagai target perluasan pemasaran.(*/)

Sumber: klik di sini
Mari Simak Coverage Riset Data Spesifik Duniaindustri.com:

Market database
Manufacturing data
Market research data
Market leader data
Market investigation
Market observation
Market intelligence
Monitoring data
Market Survey/Company Survey
Multisource compilation data
Market domestic data
Market export data
Market impor data
Market directory database
Competitor profilling
Market distribution data
Company database/directory
Mapping competition trend
Profiling competitor strategy
Market data analysist
Historical data
Time series data
Tabulation data
Factory directory database
Market segmentation data
Market entry strategy analysist
Big data processor
Financial Modeling/Feasibility Study
Price trend analysist
Data business intelligence
Annual report

* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 169 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider (branding online), klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini

Database Riset Data Spesifik Lainnya:
  • Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 169 database, klik di sini
  • Butuh 22 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
  • Butuh 18 Kumpulan Riset Data Kelapa Sawit, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Semen dan Beton, klik di sini
  • Butuh 8 Kumpulan Riset Data Baja, klik di sini
  • Butuh 15 Kumpulan Data Transportasi dan Infrastruktur, klik di sini
  • Butuh 9 Kumpulan Data Makanan dan Minuman, klik di sini
  • Butuh 6 Kumpulan Market Analysis Industri Kimia, klik di sini
  • Butuh 3 Kumpulan Data Persaingan Pasar Kosmetik, klik di sini
  • Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
  • Butuh copywriter specialist, klik di sini
  • Butuh content provider (online branding), klik di sini
  • Butuh market report dan market research, klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database Lengkap Industri Perikanan, Hasil Laut, dan Olahannya

Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dirilis pada minggu pertama Februari 2018 menampilkan data komprehensif, tren perkembangan, infografis menarik , terkait industri perikanan dan hasil laut (rumput laut, ikan surimi, udang, tuna tongkol cakalang, kepiting & rajungan, cumi & gurita). Diperkuat dengan tren produksi, sebaran lokasi, serta nama produsen, data komprehensif ini diharapkan dapat memperkaya database persaingan pasar guna menentukan arah strategi bisnis ke depan. Data Komprehensif Industri Perikanan dan Hasil Laut 2012-2017 (Tren Konsumsi Ikan & Peluang Pasar) ini dimulai dengan paparan data makro ekonomi Indonesia, inflasi, dan nilai tukar rupiah (halaman 2-4). Dengan dukungan jumlah penduduk yang besar, pasar industri perikanan dan hasil laut cukup prospektif dan atraktif baik untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor. Pada halaman 5, ditampilkan tabel tren perkembangan konsumsi

Tren Nilai Pasar Industri Detergent di Indonesia

Nilai pasar (market size) industri deterjen di Indonesia diestimasi tumbuh 3,5% menjadi Rp 10,11 triliun pada 2016 dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 9,77 triliun, menurut riset duniaindustri.com . Momentum perbaikan perekonomian Indonesia dan daya beli konsumen akan menopang pertumbuhan market size industri deterjen tahun ini. Dalam empat tahun terakhir, pertumbuhan market size industri deterjen cukup fluktuatif. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada 2014 sebesar 6% menjadi Rp 9,54 triliun. Namun, perlambatan perekonomian nasional, depresiasi kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, serta kejatuhan harga komoditas dunia ikut berpengaruh terhadap pertumbuhan industri deterjen pada 2015. Tahun lalu, market size industri deterjen diperkirakan tumbuh melambat menjadi 2,5%. Tiga raksasa consumer goods di Indonesia, yakni Wings Group, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Kao Indonesia, makin ketat bersaing di pasar deterjen di indonesia. Berdasarkan penelusur

140 Daftar Judul Riset Pemasaran Produk Industri

Riset Pemasaran atau Marketing Research adalah salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian . Riset Pemasaran dapat bermanfaat sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Hasil riset pemasaran dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.  Tujuan Riset Pemasaran adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif kenyataan yang ada. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi (political biases). Riset pemasaran sebagai alat bantu Manager menghubungkan antara variabel pemasaran, konsumen, dan lingkungan. Metode pengumpulan data antara lain melalui survei, wawancara, menyebar kuesioner, observasi, dan eksperimen (kuantitatif). Data primer (kualitatif) diperoleh melalui wawanc