Langsung ke konten utama

Rekapitulasi Penjualan Semen 2017 Per Daerah

Pasar semen di Indonesia sepanjang 2017 tumbuh positif 7,6% menjadi 66,35 juta ton dibanding tahun sebelumnya 61,64 juta ton. Jawa Tengah tampil sebagai pemimpin (leader) pertumbuhan pasar 2017 menyusul kenaikan demand semen tertinggi, sebesar 17,1% menjadi 9,12 juta ton dibanding 2016 sebesar 7,79 juta ton.

Jawa Tengah menyisihkan pertumbuhan pasar semen di Jawa Timur (+13%), Yogyakarta (+11,7%), Jawa Barat (11,4%), Banten (+9,5%), dan DKI Jakarta (4,2%). Secara total, penjualan semen di Pulau Jawa sepanjang 2017 tumbuh signifikan sebesar 12% menjadi 37,46 juta ton dari tahun sebelumnya 33,46 juta ton.

Data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) yang diterima Duniaindustri.com menyebutkan, pertumbuhan penjualan semen di Pulau Jawa jauh melampaui kenaikan di wilayah lain. Pasar semen di Pulau Sumatera sepanjang 2017 hanya tumbuh 4,9% menjadi 14,19 juta ton dibanding tahun sebelumnya 13,52 juta ton. Sementara pasar semen di Kalimantan justru tercatat minus sebesar (-1,8%) menjadi 4,12 juta ton dari sebelumnya 4,19 juta ton. Demikian juga di Sulawesi yang turun sebesar (-2,2%) menjadi 5,32 juta ton dari tahun sebelumnya 5,44 juta ton.

Meski demikian, capaian pertumbuhan pasar semen di Indonesia secara bulanan pada Desember 2017 melambat dibanding bulan sebelumnya. Pada Desember 2017, pasar semen di Indonesia tercatat hanya tumbuh 6,4% menjadi 5,79 juta ton. Padahal, pada November 2017 penjualan semen di Indonesia naik 12,1% secara bulanan dibanding Oktober 2017 menjadi 6,36 juta ton.

Walaupun melambat, penguatan pasar semen pada Desember 2017 memperpanjang pertumbuhan menjadi enam bulan berturut-turut sejak Juli 2017. Pada Oktober 2017, pasar semen di Indonesia tercatat tumbuh 12,5% secara bulanan, September 2017 naik 12,8%, Agustus 2017 tumbuh 9,4%, dan Juli 2017 melonjak 56,4%. Dengan demikian, dalam enam bulan terakhir penjualan semen di Indonesia tercatat melonjak rata-rata majemuk per bulan (CAGR) sebesar 13,52% periode Juli-Desember 2017.

Duniaindustri.com menilai percepatan realisasi proyek infrastruktur pada akhir tahun menjadi katalis utama pertumbuhan pasar semen dalam 11 bulan 2017. Selain itu, menggeliatnya sektor properti swasta didorong ekspektasi pemulihan ekonomi nasional di 2018 mengakselerasi pertumbuhan penjualan terutama untuk segmen ritel. Di sisi lain, curah hujan yang relatif lebih rendah dibanding tahun lalu membentuk momentum positif. Akumulasi faktor-faktor di atas tampaknya mengkonfirmasi tren pembalikan arah (recovery) pasar semen di Indonesia setelah membentuk titik equilibrium baru hingga akhir 2017.

Penguatan pasar semen di Indonesia sepanjang 2017 sebesar 7,6% juga melampaui estimasi pelaku industri. Sebelumnya, pelaku industri semen hanya memperkirakan pertumbuhan sekitar 5%-6% sepanjang 2017.

Ketua Umum ASI Widodo Santoso sebelumnya menjelaskan para produsen berharap pembangunan infrastruktur, proyek-proyek strategis, dan program sejuta rumah, serta pembangunan perdesaan, khususnya di luar Pulau Jawa segera bergerak. “Dengan begitu, diharapkan penjualan domestik tahun ini bisa meningkat 5%-6 % menjadi 65 juta ton,” paparnya belum lama ini.(*)

Sumber: klik di sini

* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 149 database, klik di sini
** Butuh 19 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
*** Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
**** Butuh copywriter specialist, klik di sini
***** Butuh content provider, klik di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Database Terbaru, 14 Market Outlook Industri Farmasi dan Alkes

Duniaindustri.com (September 2021)  -- Pandemi Covid-19 telah mengubah siklus pertumbuhan bisnis di hampir seluruh sektor industri. Tidak terkecuali sektor industri farmasi, yang menikmati high demand untuk sejumlah produk seperti masker kesehatan, alat pelindung diri (APD). Tapi bagaimana dengan produk farmasi lainnya? Guna melihat seluk beluk industri farmasi, termasuk tren pertumbuhan, pangsa pasar, serta market inteligence,  duniaindustri.com  memiliki sedikitnya 14  data dan riset khusus di industri farmasi  Indonesia dari berbagai rentang waktu. Simak ulasannya berikut ini. 1) Kajian Peluang Pertumbuhan Channel Distribusi Produk Farmasi dan Alat Kesehatan 2019-2024 (Momentum Saat Pandemi Melandai) 2) Riset Data Pertumbuhan Pasar Vitamin dan Suplemen 2016-2024 (Kompetisi Pasar Brand Vitamin) 3)  Kajian Pertumbuhan Segmen Pasar Farmasi dan Alat Kesehatan 2016-2024 (Strategi Industri Farmasi 2021) " 4 ) Market Demand Analysis Obat Generik 2016-2027 (Ka...

Mengukur Pertumbuhan Pasar Vitamin dan Suplemen, High Demand?

  Duniaindustri.com (September 2021)  -- Seiring tingginya kebutuhan dan permintaan pasar, tidak salah jika produk vitamin dan suplemen dikategorikan high demand. Tapi, apakah trend ini akan bertahan lama? Untuk menelisik pertumbuhan pasar vitamin dan suplemen, tim Duniaindustri.com membuat " Riset Data Pertumbuhan Pasar Vitamin dan Suplemen 2016-2024 (Kompetisi Pasar Brand Vitamin) " yang dirilis minggu pertama September 2021, menampilkan riset independen, riset data spesifik, data komprehensif, dan market outlook. Riset data ini berisi 56 halaman pdf berukuran 6,89 MB yang dibuat untuk menjadi panduan komprehensif serta referensi bagi investor, korporasi, peneliti, dan berbagai stakeholders secara luas. Riset data ini dimulai dengan menampilkan ulasan singkat (highlights) perekonomian nasional yang terpengaruh dua kejadian besar pada 2019 yakni perang dagang negara maju serta pada 2020 yakni pandemi Covid-19. Ulasan singkat dinamika ekonomi Indonesia dipaparkan secara detai...

Paling Lengkap, 36 Hasil Riset Pasar dan Data Market Share di Industri Makanan Minuman

   Duniaindustri.com (Februari 2025)  -- Mencermati tren pertumbuhan, persaingan brand, dan mencari peluang di industri makanan minuman memang menarik untuk diikuti. Selain karena sektor makanan minuman merupakan kebutuhan primer, pasar Indonesia dengan 281 juta jiwa menawarkan prospek bisnis yang berpotensi di masa mendatang. Satu hal yang pasti, dibutuhkan dukungan data research yang aktual untuk terus secara kontinyu memonitor rantai pasok industri. Tujuannya tidak lain untuk menghasilkan produk sesuai selera pasar yang mampu bersaing. Faktor kualitas produk, harga jual, serta akurasi distribusi stok menjadi kunci utama. Untuk membedah pertumbuhan, pangsa pasar, serta persaingan pasar di industri makanan dan minuman,  duniaindustri.com  memiliki sedikitnya  36 data dan riset khusus  di industri ini. Mari kita simak ulasannya berikut ini: (silakan diklik data research yang dituju untuk keterangan lebih lanjut) Riset Data Spesifik Persaingan 3 Br...